Atur Duitmu Sebelum Terlambat

77 views

Hai hai haiiii…. Apa kabar nih semuanyaaaaa. gw harap semuanya baik2 aja deh. Kan udah tahun baru nih. 2013 pasti kalian dah buat segala macam resolusi atau apa aja yg pengen dicapai ditahun ini. klo gw sih nggak terlalu pusing karena gw udah planning dari taun kemarin yang harus gw lanjutin tahun ini hehehe.

Oia, di postingan awal taun ini gw mau nulis tentang DUIT alias UANG. Kenapa? karena gw kira banyak juga tuh yang punya resolusi keuangan di tahun ini. Mungkin ada tuh yang udah melek tentang pentingnya duit di masa depan dibanding masa kini. Maksud gw tuh banyak orang “termasuk gw yg dulu” itu klo punya duit nggak tau duitnya lari kemana. Dapet duit ehhh blom lama udah habis lagi.

Yah, ini masalah klasik kok. Kan kita pengen nyenengin diri sendiri atau buat orang tersayang. Palagi klo baru kerja trus dapet gaji. dari yang biasanya cuma dapat jatah bulanan dari nyokap eh tau-tau alhamdulillah udah bisa menghasilkan duit sendiri hasil jerih payah. Jadilah gaji pertama kita buat traktir temen, keluarga dan laen-laen. Parahnya tuh kita nggak tau kalo gaji itu udah haabis blom pada waktunya dalam artian banyak orang yang kebablasan dalam membelanjakan uang dan seperti biasa banyak yang sekarat pada tanggal tua alias akhir bulan.

Situasi ini sering banget sih terjadi pada orang yang belum ngatur duitnya mau diapain. Gaji itu buat apa yah terserah gw, sambil jalan yah sambil gw habisin jg hahahaha. Buat makan minum, beli gadget, bayar kos, bayar cicilan motor dan bla bla bla (ini yg bahaya nih krn kita nggak tau uangnya lari kemana).

So, tahun ini buat yang masih muda kek gw and masih single, hahaha #kasian…. peduli dan atur uangmu sebelum telat. Mulai tahun ini tuh sy mulai mencoba ngatur duit sebelum terlambat. Dari beberapa artikel keuangan khususnya tentang personal finance itu para single tuh lebih susah nahan keluar duitnya karena belum ada tanggung jawab sepenuhnya terhadap orang lain (nggak termasuk nih buat single yang nanggung biaya skul adek atau biaya hidup ortu atau single yg punya pengeluaran tetap tiap bulan buat orang lain misalnya buat calon istri, hahaha).

Jadi, mulai sekarang gw ngatur duit dengan cara tiap bulan terima gaji gw langsung potong 10% tuh buat nabung. trus sisanya gw budget deh 30% buat lifestyle (pulsa, ngegym, internetan, kongkow,dll). 50% buat biaya hidup (makan,minum, kosan) dan sisanya 10% lagi buat transport dan biaya laen yg tak terduga. Oia, berhubung gw belum punya utang/kredit/cicilan nih jadi blum nyiapin alokasi khusus. Dan kata planner keuangan tuh kalo kita punya utang jangan sampe melebihi 30% dari pengeluaran bulanan dan kalo utang atau punya cicilan lebih dari itu berarti harus ada pengeluaran lain yang dikurangi atau harus menambah sumber penghasilan lain.

Kalo dah bisa ngatur duit kita berarti kita minimal udah punya tabungan walo baru bisa nabung 10% dari gaji bulanan. Ini mah udah hebat kalo bisa lakuin dan konsisten tiap bulan apalagi kalo bisa tingkatin persentase yg bisa ditabung maka lebih cakep tuh. Kan kita udah mulai membiasakan diri mengatur keuangan kita secara sehat dan tidak menjadi beban pikiran kita. Makanya sebelum telat, aturlah duitmu jgn sampe duit yang mengatur kamu *ehhh.

Peningkatan pendapatan ‘umumnya’ berbanding lurus dengan peningkatan pengeluaran bahkan kadangkala terjadi pengeluaran lebih besar daripada pemasukan“. Oleh karena itu aturlah duitmu sebelum terlambat. #salamucok :p