Bonus Pemain Timnas U-19, Berkah atau Musibah?

52 views

Euforia kemenangan Timnas U-19 di ajang Piala AFF U-19 dan kesuksesan lolos sebagai juara grup pada kualifikasi Piala Asia masih terasa hingga saat ini. Timnas U-19 saat ini memang spektakuler dan membuat sebahagian bahkan seluruh rakyat Indonesia merasa bangga kepada para pemain dan tim pelatih U-19.

Bukan hanya rakyat yang larut dalam euforia kemenangan ini, bahkan beberapa pejabat baik di daerah maupun di pusat bahkan Presiden pun turut memberikan apresiasi dan bangga terhadap pencapaian Garuda Muda ini.

Dan akibat permainan sensasional para pemain Timnas U-19 maka sepatutnyalah mereka mendapatkan reward atau bonus sesuai prestasi mereka. Tapi, apakah bonus yang diberikan ini akan memberi manfaat/berkah atau malah menjadi semacam musibah buat menguji mental para pemain?

Bonus dalam tiap pertandingan sepakbola memang sudah hal yang lumrah apalagi kalau memang prestasi yang dibuat itu sangat membanggakan layaknya prestasi Timnas U-19 yang melambungkan kembali nama Indonesia di kancah persepakbolaan khususnya Asia.

Para pemain dan Pelatih pasti mendapatkan bonus dari PSSI. Itu hal yang wajar. Tapi, ada juga beberapa pemain yang mendapatkan bonus tersendiri dari Pemerintah daerah alias Gubernur karena dianggap mengharumkan dan membanggakan tempat asal mereka. Contohnya nih saya lihat di berita tuh ada pemain namanya YABES nggak tau nama lengkapnya mendapatkan bonus uang puluhan juta dari Gubernur NTT. Ada juga nih pemain sayap Timnas U-19 MALDINI yang mendapatkan bonus Rumah dari Gubernur senilai 600 juta di Kawasan perumahan terelit Mamuju, Sulawesi Barat. Dan mungkin masih banyak bonus maupun penghargaan buat pemain lainnya yang belum masuk berita.

Menurut saya nih wajarlah mereka mendapatkan bonus tersebut dan hal ini merupakan berkah buat para pemain yang sudah bekerja keras di lapangan mengharumkan nama Indonesia. Tapi, para pemain juga patutlah waspada dan tidak lupa daratan dengan euforia saat ini.

Bonus yang mereka dapatkan memang bisa juga menjadi semacam musibah tatkala mental para pemain sudah dirasuki berbagai hal yang berkaitan dengan ketenaran dan uang. Belum lagi kalau mereka tidak bisa mempertahankan gaya hidup seperti sebelum mereka menjadi bintang lapangan. Apalagi nih para pemain Timnas U-19 udah jadi sorotan publik bahkan bisa dikatakan jadi artis dadakan.

Tapi saya berharap jangan deh popularitas mereka dimanfaatkan hanya untuk kesenangan sesaat hingga mereka terlena dan lupa cara berjuang membela negara Indonesia lewat permainan sepakbola mereka yang sensasional. Bonus itu memang perlu buat melecut semangat para pemain asal jangan dijadikan tujuan utama dan hal ini sangat tergantung dari para pemain itu sendiri mau mengambil manfaat atau malah jadi musibah buat mereka yang notabene masih berusia muda.

Yang jelasnya tuh kami BANGGA dengan para pemain Timnas U-19. Permainannya taktis dan semangat perjuangannya tak ada habisnya hingga kami berpikir sebenarnya Indonesia tuh nggak perlu lagi yang namanya pemain impor karena sudah ada Timnas-U19 yang siap menjadi kebanggaan rakyat Indonesia di masa yang akan datang Amin #salamucok 😀