Bukan Sekedar Berkomunikasi

88 views

Peran komunikasi dalam menjalin suatu hubungan keluarga, pertemanan ataupun relationship itu sangat penting. Banyak yang hubungannya tidak harmonis dikarenakan miss komunikasi. Apalagi yang lagi pendekatan dengan seseorang maka komunikasi harus berjalan lancar.

Proses mengenal satu sama lain harus didukung dengan komunikasi yang seimbang. Bukan komunikasi tanpa interaksi. Maksudnya adalah jangan sampai komunikasi itu tidak nyambung dan hanya didominasi oleh salah satu pihak saja. Kan banyak yang saat proses pembicaraan berlangsung itu ada yang cuma kerjanya bertanya terus ada yang kerjanya menjawab terus layaknya cerdas cermat.

Nah ini yang saya maksud komunikasi tanpa interaksi. Dalam pembicaraan tersebut rasanya antara kita yang terlibat tidak connect. Tidak ada rasa saling peduli. Terlepas memang antara kita ada rasa suka atau tidak karena bisa saja pembicaraan itu bakalan enak nyambungnya kalau kita merasa saling terhubung.

Komunikasi secara langsung dan tidak memang punya rasa tersendiri. Ada yang sukanya bicara langsung ada juga yang senang komunikasi melalui media sosial. Kalau saya sih lebih suka bicara langsung lewat telepon atau ketemu langsung. Lebih plong rasanya. Enak juga sih komunikasi lewat media sosial karena kadang kalau kita mau ungkapin sesuatu yahhh tinggal tulis saja hehehe…

Berkomunikasi harusnya bukan seperti kompetisi cerdas cermat yang ada pihak bertanya dan ada yang menjawab. Harusnya saling berinteraksi, saling perhatian, saling peduli dan sama-sama ingin tahu banyak tentang isi pembicaraan sehingga ada umpan balik dan terjadilah komunikasi dua arah yang menyenangkan #salamucok 😀