Cara Membuat Pelanggan Beli Lagi (Repeat Order)

776 views

Berbagi cerita jago jualan kali ini dari Dasep Rusmawan, seorang pelayanan masyarakat di Kota Sukabumi yang nyambi jadi Affiliate/Reseller BS disamping affiliate produk lain juga. Tema sharingnya yakni Beli, Beli lagi dan Beli terus. So, baca pelan-pelan dan ambil insight yang bagus menurut anda hehe..

Pelanggan adalah aset bisnis Kita. Mereka adalah konsumen yang loyal kepada Kita. Mereka puas dengan produk dan pelayanan yang kita berikan.Mereka pula yang mau beli, beli lagi dan beli terus setiap produk yang kita promokan.

Pelanggan juga dapat membuat omset, profit dan cash flow kita terus mengalir deras tiap bulannya berkat aktivitas repeat order yang mereka lakukan. Tentunya dibutuhkan strategi untuk menciptkan repeat order dari pelanggan kita agar setiap ada produk baru yang kita tawarkan, mereka belinya ke kita bukan beli ke orang lain.

pelanggan-loyal

Kang Dasep menyebutnya sebagai strategi meningkatkan LOYALITAS pelanggan, yakni :

1. Kesan pertama begitu menggoda (kayak iklan ya xixixixi…)

Selalu berusaha memberikan pelaynan terbaik untuk pertama kalinya kepada buyer agar menjadi Pelanggan/Knsumen setia nantinya. Kesan dari konsumen yang pertama kalinya beli itulah yang menentukan konsumen tersebut akan kembali lagi untuk membeli atau ga akan kembali sama sekali.

Ketika mereka nyaman untuk order ke kamu, maka suatu hari pasti mereka akan kembali lagi. Dan begitu pula sebaliknya, jika diawal saja kesannya sudah ga baik, maka jangan harap selanjutnya bisa menjadi pelanggan yang loyal hehe….

2. Berikan penawaran menarik

Kawan-kawan bisa memberikan penawaran lebih pada buyer nya dengan sesuatu yang menarik, misal memberikan free ongkir. Bagi buyer yang baru pertama kali order, mungkin ini akan terlihat sangat tidak menguntungkan untuk kawan-kawan sebagai penjual.

Tapi jika nantinya bisa membuat buyer yang beli pertama kalinya bisa terus kembali beli lagi dan lagi, kenapa ngga?. Tentu sebelumnya pemberian penawaran ini sudah diperhitungkan, agar nantinya ga bikin komisi/omset habis karena kebijakan ini.

Selain bisa membuat konsumen kembali pada kawan2 nantinya. Kawan2 juga bisa mendapatkan promosi viral gratis yang dilakukan oleh buyer pertama tersebut. Karena mereka sebagai konsumen baru, bisa mendapatkan pengalaman belanja yang ga terlupakan, maka kemungkinan besar mereka akan bercerita kepada teman-temannya.

Dan hasilnya kemungkinan besar teman2nya juga akan ikut membeli produk kawan2 dengan tawaran yang sama seperti konsumen sebelumnya. Kalo Para Mastah bilang, inilah yang disebut Word Of Mouth Marketing.

WOM (Word Of Mouth) Marketing adalah salah satu strategi Marketing yg Low Budget, High Impact.
Kenapa? Karena kawan2 ga harus keluarkan banyak uang utk promo gila-gilaan. Cukup mengkonsepnya dan membuat strateginya berjalan dg lancar.

3. Buat media untuk berkomunikasi

Konsumen akan merasa aman dan yakin bahwa produk yang dibeli adalah produk pilihan ketika Kita sebagai penjual memberikan pelayanan lebih. Berikan Pelayanan yang Terbaik, bukan cuma bagus. Sering-sering menyebut nama pelanggan. Jalin hubungan komunikasi secara berkala.

Saat ini juga sudah banyak sekali media-media komunikasi yang bisa digunakan, misalnya membuat group chat telegram/WA/Line dan group di media sosial. Selain sebagai media komunikasi, group yang anda buat tersebut bisa jadi kolam uang buat anda jika mampu mengelolanya dengan baik.

4. Perhaatikan Pelayanan After Sales

Setelah customer beli produk Anda, usahakan nomor resi pengiriman diinfokan secepatnya kepada pembeli. Jangan menunggu pembeli yang bertanya info resinya. Kalaupun info resi telat dari kurirnya, usahakan kontak duluan pelanggan dan infokan permasalahannya kenapa resinya terlambat.

jika produk sudah dikirim dan info resi juga sudah disampaikan, maka pastikan pembeli sudah menerima orderannya dengan bertanya apakan barangnya sudah sampai apa belum sesuai estimasi pengiriman dari kurir. Jika sudah sampai, tanyakan lagi apakah barangnya ada yg cacat atau nggak. Tanya pendapat mereka tentang produk anda.

Nah, jika pendapat pembeli anda bagus maka bisa dijadikan testimoni buat produk anda. Jika kurang bagus, maka bisa dijadikan saran buat perbaikan produk anda kedepannya.

Dengan layanan after sales seperti ini, banyak orang menganggap sepele namun menurut kang Dasep akan bikin pembeli merasa sangat diperhatikan sehingga bisa jadi pelanggan loyal.

5. Mempertahankan konsumen

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempertahankan konsumen yang sudah dmiliki sebelumnya. Dengan cara-cara selalu memberikan penawaran promo-promo terbaik bagi konsumen lama. Memang cara seperti ini bisa dikatakan adalah cara lama, namun sampai sejauh ini cara tersebut masih cukup ampuh untuk ningkatin sales.

Selain daripada itu mungkin kawan2juga bisa melakukan pendekatan yang lebih intensif bagi konsumen dengan memberikan sebuah gift card atau sekedar memberikan ucaapan selamat pada momen-momen tertentu. Hal ini bertujuan untuk membangun kedekatan antara kawan2 sebagai penjual dengan konsumen. Karena dengan melakukan hal-hal yang bisa dibilang sederhana dan kecil seperti ini, konsumen akan merasa diperhatikan secara lebih.

Ada yang bilang “untuk mendapatkan konsumen baru itu lebih mudah daripada mempertahankannya”. Kang Dasep setuju dengan pendapat itu, tapi lebih setuju jika kita mampu mempertahankan cust lama kita untuk tetap beli, beli lagi dan beli terus ke kita, maka dijamin omset dan komisi akan terus mengalir ke rekening kita tiap bulannya dengan Ijin Allah….Insya Allah, Aamiin…