Cara Mengatur Keuangan Pribadi Untuk Fresh Graduate

573 views

Tulisan hari ini akan membahas tentang Fresh Graduate yang baru saja bekerja dan biasanya terserang “kanker”. Tapi kanker yang satu ini sangat erat kaitannya dengan hasil dari cara mengatur keuangan pribadi maupun keuangan rumah tangga Anda. Kalau Anda menyepelekan pengelolaan keuangan bisa jadi Anda yang baru saja bekerja akan terkena penyakit kanker ini alias kantong kering hehehe…..

Biasanya pada saat tanggal tua itu berasa lama sekali waktunya dibanding tanggal muda. Penyakit kanker ini rentan sekali menjangkiti seseorang yang tak peduli dengan cash flow keuangan pribadinya. Saya sendiri sering mengalami -kanker- pada saat kuliah. Awal bulan dapat kiriman uang jajan dari orangtua, tengah bulan sudah hampir habis, akhir bulan sudah meringis karenan isi dompet semakin tipis. Namanya juga masih disuap sm orangtua jadi tak peduli dengan yang namanya mengatur keuangan, wong kalau kurang tinggal minta tambahan uang hehehe…

Mungkin saja kebanyakan orang pernah terserang penyakit ini apalagi kalau sudah tanggal tua. Biasanya awal bulan makan rendang, akhir bulan masih makan rendang tapi dalam bentuk indomie atau jangan sampai ada yang terkena kanker padahal baru awal bulan?!! Parah nih kalo keadaan sudah begini.

Karakter dan sifat masing-masing orang pasti berbeda tapi kalau sudah berkaitan dengan yang namanya uang rada mirip sih. Soalnya banyak orang yang masih sering terkena kanker pada saat tanggal tua. Padahal akhir bulan lalu sudah kena penyakit ini tapi bulan depannya kena lagi. Menurut saya orang yang masih bahkan sering terkena kanker pada saat tanggal tua itu tidak pernah belajar mengatur keuangannya atau malah enjoy saja kalau kena kanker di akhir bulan, udah biasa gitu hehehe….

Jadi, untuk keluar dari permasalahan -kanker- ini saya mulai dengan membaca artikel-artikel perencanaan keuangan lewat bantuan om google. Banyak sekali artikel perencanaan keuangan yang bertebaran di dunia maya, tapi saya cuma praktekkan menurut yang saya mampu lakukan seperti mengatur keuangan pakai amplop.

Baca juga artikel ini : Cara Mengatur Keuangan Pakai Amplop

cara mengatur keuangan pribadi

Ini Cara Mengatur Keuangan Pribadi Anda

Solusi atau obat untuk menyembuhkan penyakit kanker ini kuncinya adalah pengelolaan keuangan pada saat tanggal muda alias cara mengatur uang kiriman orangtua atau cara mengatur gaji Anda yang biasanya diterima awal bulan. Pada saat kita terima uang baik itu kiriman orangtua maupun gaji, maka Anda harus menyusun anggaran pengeluaran bulanan Anda. Misalnya saya gajian tiap awal bulan sebesar Rp 3.000.000, maka saya akan mengatur pengeluaran bulanan seperti berikut :

Zakat 2,5% = Rp 75.000

Pengeluaran zakat ini harus diprioritaskan, kewajiban kita 2,5% kalau bisa diperbesar jangan kelamaan mikir atau berat hati mengeluarkan hak orang lain yang melekat pada pendapatan Anda. Insha Allah rejeki Anda makin bertambah.

Tabungan 10% = Rp 300.000

Anggaran tabungan ini penting untuk dipisahkan dari awal karena kalau menunggu sisa anggaran pengeluarang bulanan maka biasanya sudah tidak bersisa.

Cicilan motor = Rp 750.000

Untuk pengeluaran yang berkaitan dengan kredit/cicilan harus diprioritaskan untuk menghindari tunggakan. Oia, kalau memang bisa jangan pernah berutang.

Bayar kosan = Rp 500.000

Nah ini juga penting, berhubung saya perantau jadi harus indekos dan punya kewajiban pembayaran bulanan daripada diusir Bapak kos hehehe…

Biaya hidup sebulan = Rp 1.300.000

Pengeluaran terakhir yang kita atur adalah biaya hidup bulanan. Usahakan pengeluaran ini untuk kebutuhan hidup Anda sebulan bukan untuk gaya hidup Anda. Syukur kalau masih bersisa bisa buat menambah saldo tabungan Anda.

Inti dari tulisan ini adalah Anda harus merencanakan pengeluaran apa saja selama sebulan dengan membuat pos-pos pengeluaran beserta anggarannya. Cara ini kalau tidak salah istilahnya budgeting. Jadi Anda harus mengetahui gaji sebulan itu untuk apa saja dan Anda juga sudah punya patokan berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk tiap pos pengeluaran, jadi ada fungsi control disini.

Dengan mempelajari cara mengatur keuangan pribadi, maka gaji Anda sebulan atau kiriman dari orangtua sudah diketahui peruntukannya untuk apa saja. Tidak ada lagi pengaruhnya tanggal muda atau tanggal tua karena semuanya sudah diatur. Lebih hebat lagi Anda sudah tidak terserang penyakit kanker karena Anda sudah melakukan upaya preventif atau pencegahan penyakit kanker dengan mengatur keuangan pribadi Anda.

Sebenarnya pertama kali memang agak sulit untuk mengatur keuangan karena Anda baru mencoba dan harus konsisten dengan anggaran yang sudah dibuat, plus mengingatkan diri sendiri jika salah satu pos pengeluaran sudah mau habis anggarannya. Semua usaha ini bergantung dari situasi dan kondisi karena yang menentukan Anda sendiri mau terkena kanker atau tidak. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Demikianlah artikel cara mengatur keuangan pribadi ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, mohon bagikan/share tulisan ini di facebook atau twitter Anda jika sekiranya dapat memberi manfaat untuk orang lain #salamucok 😀

Tags: #cara mengatur keuangan #cara mengatur keuangan pribadi #cara mengatur keuangan rumah tangga #pengelolaan keuangan #perencana keuangan pribadi