Fokus Saja di BLOGdetik

61 views

Kemarin tuh sempat blogwalking di beberapa blog yang nongol di postingan BLOGdetik maupun yang gw search lewat om google. Dan dari beberapa blog tuh yang sempat gw mampir pasti sy selalu membaca sebuah halaman yang biasanya membahas tentang profil si blogger.

Dan memang asyik juga sih membaca semacam gambaran atau setidaknya informasi sekilas mengenai profil yang ditulis secara langsung oleh si blogger sendiri. Nah, dari beberapa blog tuh saya baca biasanya si blogger ada yang nyebutin blog-blog apa saja yang dikelolanya.

Dari beberapa blog yang dikelola itu biasanya si blogger udah misahin tuh tema atau niche dari blog yang dikelolanya dan memang ini saya patut acungi jempol karena si blogger secara profesional mengelola kesemua blognya dengan informasi yang update banget.

Namun, yang biasanya bikin gw heran tuh ada juga blogger mengelola blog dari beberapa platform penyedia blog gratisan sebutlah WP, BP, dan BLOGdetik tapi nggak ada satupun yang update dan terkesan nggak diurus. Kebetulan aja gw tersesat dan terdampar di blognya. Yah, gw sih nggak tau juga knp tuh blog seperti ditinggalin begitu aja ataukah dia menjaga kualitas tulisannya sampe2 postingannya sebulan bahkan dua bulan sekali.

Konsisten. Satu kata yang menurut gw sangat sakral dan susah banget diterapin. Apalagi kalau kita punya banyak blog. Gimana tuh ngurusnya. Syukur2 kalau kita punya banyak materi tulisan. Jangan sampe karena terlalu banyak blog yang diurus dan terkesan mau dikata blog update tapi ujung-ujungnya cuma copy paste tulisan orang lain dan parahnya nggak dicantumin lagi sumbernya.

Makanya gw cuma bisa bilang kalau bisa fokus aja sama satu blog aja dan bagusnya tuh fokus di BLOGdetik saja. Gw nggak usah lagi jelasin kenapa harus di BLOGdetik. Googling aja udah banyak tuh yang nulis kelebihan dan kekurangan ngeblog di blogdetik. Yah, intinya fokus pada satu blog saja kalau memang nggak mampu ngurus beberapa blog.

Gw juga pernah punya beberapa blog dari platform yang berbeda. Ada blog gw yg khusus bahas tentang petani karena gw dulu kuliah di fakultas pertanian, ada yang cuma bahas tentang organisasi dan kemahasiswaan dan terakhir tuh pernah punya juga blog tentang traveling karena gw juga suka banget jalan2. Cuman lama kelamaan gw pikir ribet juga punya banyak blog.

Nah, sekitar awal tahun 2011 tuh gw baru nemuin yang namanya BLOGdetik. Padahal waktu itu tulisan gw yang di BLOGdetik ini cuman dijadiin ban serep buat blog yang lain. Gw lupa istilahnya apa lagi tuh. Tapi, setelah lama kelamaan gw lebih suka update tulisan di BLOGdetik ini. Apalagi pas tulisan gw jadi headline. Wah, seneng banget dehhh. Mulai dari sini gw mutusin deh hubungan dengan beberapa blog gw yang lain dan hanya fokus nulis di BLOGdetik.

Tulisan gw yang ada di blog sebelumnya gw pindahin deh ke blog ini. Gw cuma misahin aja dengan membaginya dengan beberapa kategori seperti kategori petaniku, mahasiswaku dan wisataku yang mewakili blog gw sebelumnya. Dan blog gw yang dulu di non aktifkan deh. Yah lumayan buat ngurangin sampah internet hehehe.

Beres kan. Sekarang lebih simple dan lebih teratur ngurus satu blog saja daripada ngurus beberapa blog. Kecuali kamu punya banyak waktu dan memang seorang blogger profesional yang bisa full time ngurus beberapa blog nda masalah sih. Tapi, kalo kamu cuma bisa nyediain sedikit waktu atau bahkan cuma iseng ngeblog lebih baik fokus saja di satu blog dan ngeblognya di BLOGdetik saja #salamucok 😀