Gaya Hidup Serba Online

65 views

Saat ini sapa sih yang belum pernah menggunakan yang namanya koneksi internet. Mungkin sih masih ada yang nggak tau apa manfaat dari internet, bahkan memang masih ada yang belum ngerti tentang komputer. Tapi, itu bisa dipastikan orang yang kurang mendapat akses ataupun orang yang terlahir duluan dalam artian udah tua yang udah nggak mau update lagi tentang teknologi terkini. Tapi, bisa dipastikan anak-anak sekarang ini mulai dari SD bahkan TK sekalipun udah mulai diperkenalkan hidup serba online, terkhusus anak-anak dari kalangan mampu.

Hal ini banyak diakibatkan oleh hidup yang harus serba mobile dan akses informasi yang serba mudah sehingga gaya hidup menjadi serba online yang memungkinkan om google sebagai referensi utama. Tidak lain dan tidak bukan karena om google sering memberikan jawaban yang kita butuhkan disaat yang tepat walaupun sebenarnya om google cuman memberi rujukan tentang letak informasi yang kita butuhkan tersebut.

Hidup semakin bertambah mudah ketika kita aktif di dunia maya, dimana selain kita bisa memanfaatkan om google untuk mencari informasi atau bahan pelajaran yang kita butuhkan, beberapa media social seperti twitter dan facebook bahkan bisa memberikan manfaat yang luar biasa seperti menambah teman dari seluruh dunia yang memungkinkan kita bertukar informasi. Bahkan memasak, membeli buku, cari tempat makan, dan apapun yang kita butuhkan terus akan ada dan diupdate secara berkala dan bisa diakses secara global melalui koneksi internet.

Online, online menjadi sebuah keharusan untuk beberapa orang yang udah terikat dengan media social karena tiap saat pasti update status facebook atau memilih berkicau di twitter. Dunia maya juga memberi kita kesempatan untuk tak lagi ke mall hanya untuk mencari barang yang kita inginkan karena sudah banyak toko online yang menyediakan barang tersebut bahkan lengkap dengan sample dan penjelasan product.

Dunia maya memang memberikan gaya hidup tersendiri bagi sebahagian orang yang larut didalamnya dengan berbagai hal positif yang bisa didapatkan. Apalagi saat ini sudah banyak provider yang memberikan akses internet yang semakin mudah dan murah, udah banyak orang yang punya modem internet dan smartphone sudah banyak penggilanya ditambah kesadaran banyak orang untuk melek teknologi informasi. Namun, kita juga harus waspada karena dunia maya juga mempunyai banyak celah untuk dijadikan sebagai sasaran bagi pelaku kriminal yang ingin memanfaatkan situasi global dunia maya yang banyak mengandalkan ketikan di keyboard sebagai mulut kedua tanpa harus bertatapan muka dan mengandalkan kepercayaan semu bagi onliners.

Baca Juga: