Kamu Termasuk Orang Sibuk atau Orang Produktif?

263 views

Sharing lagi tulisan Dewa Selling, kali ini bahasannya tentang perbedaan orang sibuk dan orang produktif. Selamat membaca and start with smile.

Kepengen share dikit tentang Produktivitas. Boleh ya? Banyak orang merasa dirinya produktif, padahal sebenarnya cuma sekadar sibuk…

Apa bedanya sibuk dan produktif?
Yuk kita bahas…

Orang sibuk ingin terlihat bahwa dia memiliki tujuan. Orang produktif memang memiliki tujuan dalam hidupnya, walaupun gak terlihat sibuk.

Orang sibuk menyembunyikan tujuan hidup mereka dan menutupinya dengan selalu tampil dengan percaya diri atas tindakan kecil yang dilakukannya, sedangkan orang produktif mungkin terlihat ragu dalam tindakan kecil yang dilakukannya, namun dia memiliki tujuan yang jelas. Jelas beda banget…

Orang sibuk memiliki banyak prioritas. Orang produktif memiliki sedikit prioritas…

Orang sibuk melakukan semuanya secara bersamaan karena tidak memiliki prioritas, sehingga pada akhirnya tidak ada hal yang diselesaikan.

orang-sibuk

Orang produktif mengerjakan satu persatu pekerjaannya sesuai prioritas sehingga dia mampu menyelesaikan apa yang harus diselesaikan.

Orang sibuk berkata “ya” dengan cepat. Orang produktif perlu berpikir dahulu sebelum berkata “ya”

Hehehe…. Mulai deh mikir, selama ini kita sebenarnya SIBUK atau PRODUKTIF?

Orang sibuk selalu mengiyakan permintaan orang lain tanpa memperdulikan yang telah menjadi tanggungan dirinya, sedangkan orang produktif perlu berpikir sebelum berkata ya, karena mereka lebih memilih berkata tidak agar pekerjaan yang dimilikinya tidak terbengkalai serta menghindari mengecewakan orang lain.

Orang sibuk berfokus pada tindakan. Orang produktif fokus pada kejelasan sebelum bertindak.

Orang sibuk selalu fokus pada kerja, kerja, dan kerja. Orang produktif selalu mengevaluasi apa yang dilakukan setiap harinya.

Orang sibuk menaruh dirinya pada semua pilihan, orang produktif membatasinya.

Orang sibuk selalu bercerita betapa sibuknya dia. Orang produktif tidak terlalu banyak omong, karena hasil lah yang berbicara….

Merasa produktif tidak sama dengan hanya mengobral omongan bahwa kamu seorang yang produktif. Orang sibuk selalu berkoar, “hei, Saya sibuk! saya tidak sempat mengerjakan itu, saya lebih memilih mengerjakan ini”. Sedangkan orang produktif, dia lebih memilih diam. Orang akan menilai dari hasil yang telah dicapai, bukan sekedar omongan. Think!

Orang sibuk itu multi-tasking. Orang produktif fokus pada satu pekerjaan.

Orang sibuk ingin orang lain juga sibuk. Orang produktif ingin orang lain bekerja efektif.

Orang sibuk lebih menilai pada aktifitas orang lain yang “terlihat” sibuk. Orang produktif lebih menghargai output, yang penting beres!

Orang sibuk lebih memilih bercerita apa yang AKAN dia lakukan,
Nanti Saya akan begini…
Nanti Saya akan begitu…
Nanti Saya akan ngelakuin ini…
Nanti Saya akan ngelakuin itu…

Sedangkan orang produktif lebih berhati-hati atas hal tersebut, dia memilih untuk bercerita tentang apa yang TELAH dia lakukan, apa yang TELAH dia pelajari, dan apa yang TELAH dia hasilkan.

Terakhir…

Orang produktif mengerjakan satu per satu pekerjaan hingga selesai. Orang sibuk ketika mengerjakan tugas, dia aktifkan HP-nya, sambil membaca status, scrolling2 timeline, membalas email, membalas WhatsApp, LINE, hingga tugasnya terbengkalai.

Orang produktif, membiarkan handphonenya tidak tersentuh hingga dia memutuskan untuk rehat atau menyelesaikan tugasnya. #JLEB!

Jangan mau jadi orang sibuk. Jadilah orang PRODUKTIF. Caranya? Baca ulang tulisan di atas.

Itulah penjelasan kang Dewa yang jleb banget, untuk yang kepengen langsung dapat sharing ilmu bisnis yang lainnya silahkan langsung join grup telegram Dewa Eka Prayoga disini.