Makna Hari Batik Nasional

45 views

“Ehhmmm, kok kamu nggak pake baju batik sih? kan hari ini peringatan hari batik nasional. Yah kan sy nggak tau, lagian kan biasanya baru hari Jumat baru kita ngebatik semua, sesuai aturan pakaian di kantorku”. Ini Sepenggal cerita dari teman waktu kita ngumpul habis jam kantor seminggu yang lalu tepatnya tanggal 2 Oktober 2012 yang sekaligus diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Yah, memang sih pada saat itu kebanyakan kita nggak pake batik karena tidak ada edaran khusus yang mengharuskan kita berbaju batik pada hari itu. Cuman saya liat kebanyakan orang sih pakai batik, apalagi waktu liat berita di televisi yang membahas tentang Hari Batik Nasional dimana banyak kepala daerah yang memakai baju batik yang mungkin sebagai bentuk partisipasi atau dukungan untuk melestarikan salah satu peninggalan budaya Indonesia.

Klo nggak salah sih, ditetapkannya Hari Batik Nasional pada tanggal 2 Oktober karena 3 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 2 Oktober 2009 itu merupakan salah satu hari bersejarah buat eksistensi kebudayaan Indonesia khususnya Batik karena sebuah Badan Khusus PBB yakni UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) menetapkan Batik sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia yang berasal dari Indonesia. Wahhhh, sungguh pada saat itu kita harus bangga bisa mempertahankan eksistensi batik sebagai budaya asli Indosesia dari serbuan klaim-kalim budaya dari negara lain. Kan mungkin kalian masih ingat tuh ada negara yang mengklaim klo batik tuh berasal dari negara mereka. Tapi, dengan adanya pengakuan dari UNESCO maka kita harus bangga salah satu kebudayaan warisan dunia yakni Batik berasal dari NKRI.

UNESCO memang mau tidak mau harus mengakui batik sebagai warisan budaya Indonesia karena faktor sejarah batik itu sendiri berasal dari zaman nenek moyang sejak beberapa abad yang lalu. Pertamakali batik itu ditulis dan dilukis pada daun lontar yang motifnya masih didominasi gambar tanaman dan hewan kemudian berkembang dan beralih ke motif abstrak seperti corak relief candi, awan, wayang dan sebagainya.

Perkembangan batik saat ini memang sangat maju pesat sekali. Klo yang dulunya sih saya taunya itu baju batik dipake buat acara kawinan aja atau acara resmi aja alias dipakai untuk hal-hal tertentu saja. Tapi, saat ini sudah banyak batik gaul alias batik yang tidak melulu harus berbentuk kemeja tapi ada juga batik kaos yang cocok untuk dipakai tiap hari. Saat ini, batik juga banyak digunakan pada anak sekolahan dan di Instansi pemerintahan maupun perusahaan-perusahaan swasta. So, pakai batik itu nda jadul kok tapi gaul juga loh dan lebih penting lagi cintai produk Indonesia 🙂