Menciptakan Mood Buat Menulis

56 views

Kemarin tuh udah ada beberapa materi yang saya pengen tulis di blogku cuman nggak ada mood alias gairah menulis turun bahkan menghilang dan semakin membuatku malas untuk berbagi cerita lagi.

Saya sih juga heran kok mood menulis menjadi hilang begitu saja padahal saya orangnya nggak moody alias moodnya nggak sering2 berubah. Apakah mungkin karena pengaruh laporan yang belum kelar, atau gara2 diberi kerjaan mendadak. Hmmm, pikirku jangan sampai akibat langit yang lagi galau hingga cuaca yang nggak karuan hujan, panas, hujan, panas.

Mungkin kamu juga pernah ngalamin mood buat nulis itu hilang entah kemana dengan berbagai penyebabnya. Dan hari ini saya berhasil mengembalikan dan menciptakan mood saya hingga gairah nulis itu muncul lagi. Hasilnya yahhh tulisan ini berhasil sy posting hehehe.

Terus gmana dong caranya nyiptain mood buat nulis ?? (pasti kamu dah bertanya-tanya hehehe). Saya berhasil menciptakan dan sekaligus mengembalikan mood menulis saya yg hilang dengan cara menyelesaikan laporan yang belum kelar dan mengerjakan tugas mendadak supaya nggak kepikiran lagi dan mengganggu konsentrasi nulis. Intinya kerjakan dulu yang pengen dikerjain dan selesaikan hingga kamu punya waktu spesial tersendiri buat nulis hehehe (kayaknya semua orang tau dan bakalan setuju dgn cara ini :p)

Oia, mood nulis juga kadang2 muncul tiba-tiba loh saat kita beraktifitas seperti berbicara, bergaul dan berolahraga. Kadang ada saja hal menarik yang kita dapat setelah mengobrol dengan teman atau sekedar berbagi pengalaman dan hal itu kita semangat sekali mau menulisnya di blog. Akan tetapi, celakanya biasa tuh habis ngobrol pulang ke rumah udah siap nulis eh lagi nggak mood (kayaknya lupa apa yang mau ditulis hehehe)

Nah, masih berkaitan dengan hal yang diatas tuh kita bisa juga menciptakan mood buat menulis lagi tuh dengan cara mengubah suasana hati seperti saat kita lagi bergairah menulis. Lah cara ngembaliin suasana hatinya gimana ??? (pasti kamu tanya begini lagi nih hehehe). Klo suasana hati itu saya pergi ke tempat yang saya suka misalnya baring di kamar sambil dengerin lagu galau hehehe atau bisa juga ke pantai menikmati semilir angin dan suara ombak. Kalo dah gini suasana hati bisa menjadi tenang dan senang kenbali hingga mood buat nulis tuh muncul lagi. Kan enak tuh menulis di pinggir pantai ditemani nyanyian alam yang dihasilkan dari perpaduan suara ombak dan semilir angin. Tp yg masalah tuh klo nggak ada pantai di daerahmu hehehe.

Apabila kedua cara diatas belum bisa menciptakan sekaligus mengembalikan mood kamu, tenang saja masih ada cara lain yakni dengan blog walking atau jalan2 ke blog temen dan tak lupa meninggalkan jejak alias berkomentar. Seperti sebelum sy nulis tulisan ini sy blog walking dulu di blog temen2 dblogger khususnya yang lagi masuk headline atau postingan pilihan blogdetik. Dan ingat harus memberi komentar. Kenapa? karena memberi komentar itu kan kita harus nulis dan menulis tanggapan kita mengenai tulisan temen td dan sedikit banyaknya pasti berpengaruh pada mood menulis kita. Kayak saya tuh beri komentar trus sy pikir mending saya tulis aja di blog ku dan hal ini berhasil mengembalikan mood menulis saya. Karena terkadang dan banyak terjadi akibat kita sering blogwalking dan membaca tulisan/blog teman2 yg lain tuh pasti ada saja kalimat atau pemahaman baru yg kita dapatkan dan hal itu selalu memancing mood kita buat menuliskannya di blog kita sendiri.

So, sampai disini masih ada yang belum ngerti cara nyiptain mood menulisnya? (berarti tulisan saya belum berhasil nih menginspirasi kalian buat nyiptain mood menulis kalian sendiri hehehe). Tp, nggak apa2 karena saya punya cara satu lagi yakni dengan cara pemaksaan hehehe. Iyah harus dengan memaksa diri kita sendiri untuk MAU mulai menulis sepatah atau dua patah kata. Kan lama2 jadi bukit kata juga hehehe. Cara ini biasa sy lakukan kalau ada kontes ngeblog dan waktunya udah mepet. Parahnya tulisan belum kelar. Yah mau nggak mau harus dipaksain buat menulis hingga detik terakhir. Dan hasilnya bisa ditebak kalo tulisan sy gagal menjadi yang terbaik hehehe. Tp setidaknya kan sy sudah menciptakan dan mengembalikan mood buat menulis walau dengan cara terpaksa. Kalo bisa sih jgn sering2 ngelakuin cara ini kecuali pada saat kepepet sj hehehe.

Alhamdulillah, akhirnya sy berhasil juga sampai di paragraf terakhir tulisan saya ini. Sekedar info aja nih kalo tulisan ini saya buat setelah blog walking sambil duduk di atas balai bambu beratapkan rumbia dan semilir angin yang membuat suasana hati menjadi senang, enjoy dan mood kembali lagi buat nulis. So, buat yang lagi nggak mood buat nulis bisa ikutin cara saya untuk nyiptain mood menulis sendiri. Atau kalo ada yang punya cara lain tolong di share. Kan berbagi cerita itu indah #salamucok