Mengatasi Kanker Saat Tanggal Tua

39 views

Hellooo balik lagi nih gw mau berbagi cerita tentang uang, uang dan uang lagii. Oia, kan kemarin tuh gw udah bahas tentang Tanggal Muda vs Tanggal Tua dimana pemenangnya tuh biasanya tanggal tua karena lebih banyak yang ngalamin dan lebih lama waktunya dibanding tanggal muda hehehe…

Nah kali ini gw mau fokus nih berbagi cara untuk ngatasin problema yang identik dengan istilah kanker alias kantong kering saat tanggal tua. Kayaknya beberapa bahkan kebanyakan orang pernah ngerasain kanker juga nih apalagi klo udah tanggal tua atau jangan sampai ada yang udah kena kanker padahal baru awal bulan?!! parah nih…

Oia, kan karakter dan sifat masing-masing orang berbeda yah tapi biasanya juga ada yang rada mirip sih apalagi klo udah berkaitan dengan yang namanya uang. Menurut sy sih orang yang masih bahkan sering terkena kanker pada saat tanggal tua tuh nggak pernah belajar buat keluar dari persoalan pelik tersebut atau malah enjoy aja klo kena kanker di akhir bulan, udah biasa gitu hehehe….

Waktu di kampus tuh gw sering banget nih terkena kanker di akhir bulan alias gw masih enjoy dengan persoalan ini. Tapi, seiring waktu gw akhirnya sadar juga masa gw gini terus sih. Masa gw harus lebih ekstra hemat bahkan harus minjam klo udah akhir bulan apalagi klo kiriman belum datang. Biasanya tuh selera makan gw bagus banget tuh kalo awal bulan pasti makan rendang, masuk pertengahan bulan gw masih bisa makan walau cuma Indomie rasa rendang dan akhir bulan gw cuma bisa ngeliat orang makan rendang dan rebus indomie rendang ckckck…

So, gw mulai nyari2 nih artikel-artikel perencanaan keuangan lewat bantuan om google. Alhamdulillah sih kampus gw nyediain wifi gratis hehehe. Nah, dari beberapa artikel tuh banyak banget tipsnya tapi gw cuma praktekin yang menurut gw bisa dilakuin. Cara gw tuh buat ngatasin kanker yang biasa nyerang gue diakhir bulan tuh pertamakali tuh kuncinya ada pada saat tanggal muda alias kiriman datang dari ortu or kita udah gajian horeeee….

Nah, waktunya tepat tuh kan masih awal bulan jadi lebih bagus timingnya buat merencanakan keuangan kita selama sebulan nih. Saat kiriman atau gaji alias ada uang masuk kita mesti misahin memang uang ini buat apa saja. Misalnya nih gaji gw 3 juta per bulan. Gaji ini gw pisahin deh ke beberapa pos pengeluaran mulai dari yg prioritas sampe utk hura-hura. Contohnya gw tuh misahin uang masuk alias gaji gw sebesar 3 jt seperti ini :

1. Zakat 2,5 % = 150 rb (penting dan klo bisa diperbesar hehehe)
2. Buat nabung 10% = 300 rb (standar buat pemula, klo km bisa lebih gede lebih bagus)
3. Bayar kosan = 500 rb
4. Cicilan motor = 750 rb
5. Uang makan = 30 hari x 10 rb x 3 = 900 rb
6. Beli perlengkapan mandi = 100 rb
7. Buat hura-hura = 300 rb

Udah ngerti apa belum nih?? nih penjelasannya..
Nomer 1 tuh kan zakat udah wajib tuh 2,5 % dan nggak usah kelamaan mikir atau apalah kluarin aja langsung Lillahi Taala. Nomer 2 tuh gw misahin langsung buat nabung 10% dan penting nih harus dari awal memang dipisahin tuh buat nabung bukan kalau ada sisa uang kita baru nabung tuh. Masa nanti hanya ada sisa 5000 rp baru kita nabung kan banyak juga tuh yang sampe nggak bersisa.

Nomer 3 dan 4 tuh prioritas banget soalnya klo sampe nunggak gw bisa kehilangan tempat tinggal plus kehilangan motor hasil dari duit sendiri. Nomer 5 nih yang bisa diubah-ubah tapi gw patokin aja 10 rb tiap kali makan karena gw biasanya cuman makan di warteg hahaha. Kan banyak pilihan bisa senin-jumat tuh makannya cuma tahu tempe telor trus weekend kan bisa makan ayam, rendang atau sate, pokoknya pintar-pintar kamulah ngaturnya kan yg jlas udah ada posnya makan nggak boleh lebih dari 900 rb sebulan.

Nah yang nomer 6 nih paling bisa diakalin karena bisa saja kan perlengkapan mandi kamu nggak habis dalam sebulan misalnya sabun atau shampo atau pasta gigi atau pemakaian wewangian yang rada minimalis atau bisa saja kamu jarang mandi pas libur kan bisa hemat tuh hehehe. Dan terakhir tuh nomer tujuh alias nomer yang paling gw senengin yakni bagian hura-hura. Eitss tunggu dulu hura-hura maksud gw bukan untuk dihamburkan aja tapi hura-hura tuh udah masuk buat pulsa hape dan bensin klo ada lebihnya sih bisa buat nongkrong atau nonton bioskop meski sebulan sekali hehehe

Intinya yang gw lakuin diatas buat ngatasi kanker saat tanggal muda adalah merencanakan pengeluaran apa aja selama sebulan dengan membuat pos-pos pengeluaran beserta plafondnya. Cara ini klo nggak salah istilahnya budgeting hehe. Jadi kita udah tahu tuh mau dikemanain duit kita selama sebulan dan kita juga udah punya patokan berapa yang harus dikeluarkan buat tiap pos jadi ada fungsi kontrol jg disini.

Kan enak tuh udah tau uangnya mau diapain selama sebulan jadi udah nggak ada lagi tuh yang namanya tanggal muda atau tanggal tua karena semua tanggal sama aja dan hebatnya lagi kita nggak perlu harus survival jika diakhir bulan kita terserang kanker karena kita udah punya jalan keluar alias obatnya. Sebenarnya ini semua gw lakuin pertamakali memang agak sulit karena kan baru nyoba dan kudu konsisten plus ngingatin diri sendiri jika salah satu pos udah mau habis. Dan tentunya semua ini bergantung dari situasi dan kondisi diri sendiri karena yang nentuin km bisa kena kanker atau tidak yah diri kamu sendiri, kan gw cuma bisa ngingatin aja dan sekedar berbagi cerita dengan kalian hehehe #salamucok 😀