Rencana Program DAS

67 views

Teman-teman STONE yang saya hormati, berawal dari acara bukber (baca: Indahnya Kebersamaan Bukber STONE) kemarin ada hal penting cuman kita masih sering lewatkan untuk dibicarakan dan pada acara bukber kemarin sempat terulang lagi dimana sang ketua panitia Fadhillah Nursari udah panik tuk menagih dana buat bayar itu makanan (bukan susah sih sebenarnya tapi lebih kepada sopan santun atau malu-malu ces masa tagih ditempat, apa kata dunia!! hahayy)

Dan oleh sebab itu, alangkah bagusnya kalo kita mau ngumpul lagi nih udah ada uang yang terkumpul sebelumnya dan yang datang udah nggak perlu lagi ditagih secara langsung dan mendadak. Memang sih wacana kali ini agak sensitif karena berhubungan dengan uang. Tapi, demi kebaikan dan azas manfaat kedepannya saya sotta-sotta berhadiah tuk nyusun nih rencana tuk ngakalin problem uang ini.

Rencananya yaitu saya (bukan pribadi sih, tapi dari keisengan org lain juga) mau nawarin program yang bernama DAS yaitu Program Dana Abadi STONE (supaya keren2 sedikit namanya, masa program kumpul-kumpul uang, hahaha). Kesannya juga lama itu tersimpan uang dan bisa aja banyak juga uang yang terkumpul. Nah, klo memang ini bisa disetujui oleh teman-teman sekalian, maka yang bisa kita dapatkan atau seperti yang saya bilang azas manfaat ke depannya yaitu:

Jikalau ada acara ngumpul dan pastinya klo ngumpul itu harus dan wajib pasti ada makanan dan minumannya. Contoh kasus masih bisa diingat waktu bukber dan tidak menutup kemungkinan akan ada acara ngumpul lainnya dan pastinya ini butuh duit dan saya maunya duitnya itu udah terkumpul sebelum kita ngumpul di TKP. Jd, kita tinggal datang, duduk manis, cerita sambil maccalla ditemani makanan dan minuman yang udah dibayar, hehe.

Jikalau ada acara mendadak, seperti ada temanta yang butuh pertolongan atau kena musibah kan kita bisa bantu juga walopun cuman ala kadarnya yang jelas kita udah tunjukkan rasa empathy dan ini kan kesannya mendadak, coba bayangin klo nggak ada dana yang terkumpul sebelumnya, paling pasti beratlah tuk ngumpulin dengan segera uang dari teman-teman (kecuali, kita memang nda mau bantu temanta yang lagi kena musibah, huft).

Jikalau ada acara kampus yang sebisa mungkin atas nama STONE ikut, maka dana ini sangat berguna buat partisipasi nama stone dalam kegiatan kampus. Contohnya waktu mapersi, kan tiap angkatan tuh biasa datang trus STONE memang selalu eksis tuk hadir dan yang mapersi trakhir nih kan kita telpon2 teman tuh buat nyumbang. Coba kalo udah ada dana terkumpul sebelumnya kan kalian yang dimintai sumbangan lwt tlpon atau datang langsung ke rumah keningnya nggak mengkerut, hehehe.

Nah, untuk manfaat yang satu ini mungkin sangat besar pahalanya dan amal jariyah akan kita peroleh bagi stoners sekalian. Caranya yaitu jika kita gunain dana itu buat kepentingan orang banyak diluar kepentingan kelompok. Contohnya itu kita sumbang dana stone utk pembangunan masjid atau yang paling bagus sih kita gunain tuk acara makan-makan atau buka bersama anak panti asuhan. Coba kita renungkan, dapet pahala gak tuh!!

Nah, yang diatas ntuh cuman beberapa manfaat yang bisa kita peroleh kalo program ini bisa jalan dan disetujui ma teman-teman sekalian. Dan dimana-mana pasti ada proses agar program itu bisa berjalan sebagaimana semestinya untuk hasil yang lebih baik. Tenang aja teman, saya sudah buat rencana atau teknis pelaksanaannya agar program ini bisa jalan. Yaitu:

Pertama, kita harus setujui dahulu dan buat kesepakatan bersama anggota stone. Untuk mencapai kata sepakat nih saya mungkin minta masukan kepada teman-teman BERAPA ORANG yang mesti menyatakan sepakat dan CARA SEPAKATNYA gimana? Klo sy punya usul pastilah kita harus minta dukungan dulu ma temen2 stone smua dan berhubung byk stoners yang nggak terlalu aktif di fb apalagi mau ngintip stone chat maka lebih bagus di sms (tolong hp teman stone yg paling lengkap nomor stoners punya sapa?) trus klo udah di sms dan misalnya cuman 50% yang setuju maka itu saja.

Kedua, kalo program ini udah disetujui maka kita tentukan SIAPA PJ PROGRAM? TEKNIS PENGIRIMAN UANG DAN BESAR UANG YANG DISETOR? Klo sy punya usul PJ program ini juga kesepakatan teman-teman sapa yang dipercaya karena Insya Allah uang banyak ini mau dipegang trus klo teknis kirim uang pastilah lewat rekening lebih praktis (kecuali msh ada yg tdk tau kirim uang lwt atm, hehe) dan nomor rekening yang dituju adalah nomor rekening PJ. Dan untuk uang yang disetor saran saya Rp 20.000/bulan dan klo dikirm lewat rekening maka harap cantumkan 2 digit angka NIM trakhir kalian. Misalnya saya NIM ku G31106038, maka yang harus saya kirim perbulan itu Rp 20.038. Ini meringankan PJ utk mengetahui sapa saja yang udah kirim uang dan juga jgn lupa sms si PJ tiap udah ngirim. Tapi, untuk yang nggak mau repot atau mau sekali jalan atau punya duit lebih mau langsung ngirim untuk satu tahun pertama maka tetap ngirimnya pake kode 2 digit nim td, misalnya sy ngirim langsung 12 bulan x @20.000 = Rp 240.038. Gimana? Nggak terlalu banyak dan nggak terlalu sedikit kan. Lagian kan cuman per bulan, pastimi uang rokok atau uang pulsa lebih banyak dari itu. Sekali lagi ini cuman saranku.

Ketiga, jika dana udah terkumpul di rekening PJ maka tiap bulan harus ada LAPORAN sudah berapa banyak dana yang terkumpul dan siapa saja yang udah paling banyak nyetornya (klo untuk yg satu ini nggak usah dipublikasikan nnt ada yang bilang sombong lagi dan cuman PJ yang tau dan ybs). Laporannya nnt bisa diliat di STONE CHAT atau lebih bagus lagi klo stoners punya email pribadi nnt Laporan bulanan dikirim ke email masing-masing dan diusahakan paling lambat akhir minggu pertama tiap bulan Laporan udah bisa diliat dan dikoreksi.

Terakhir, yaitu jika dana yang terkumpul pengen digunakan maka Besaran dana yang keluar harus disepakati terlebih dahulu oleh anggota kelompok. Ingat, Dana Abadi STONE hanya digunakan dengan mengatasnamakan STONE bukan atas nama pribadi apalagi atas nama PJ. Jadi, dana yang keluar harus juga diperjelas untuk sapa dan kegunaannya utk STONE. Jikalau kegiatan yang mengatasnamakan STONE itu nggak direstui atau nggak disetujui maka haram hukumnya dana itu dicairkan walau cuma 100 perak. Dan jika disetujui harus ada LPJ dari PJ kegiatan yang diikuti (biasalah foto-foto ronggg).

Nah, yang diatas ntuw cuman saran atau teknis yang sempat saya pikirkan dan saya harap teman-teman harus berkenan memberi masukan atau jika ada yang tidak dimengerti harap bertanya. Azas manfaat dan teknis program udah saya beberkan sebisa dan semampu saya dan setiap kegiatan pasti ada kendala dan kendala itu mesti kita renungkan dan carikan solusinya. Berhubung ini menyangkut dana kelompok yang berasal dari dana pribadi anggota kelompok maka masih ada kendala yang harus kita carikan solusinya.

Kendala yang paling berat yaitu buat teman-teman yang masih kuliah baik itu S1/S2 atau masih berusaha untuk mendapatkan pekerjaan atau membuat pekerjaan. Seperti yang saya ketahui bahwa belum semua (termasuk saya iya, hehehe) dapat pekerjaan tetap dan sumber penghasilan tetap. Cuman ada beberapa orang yang mungkin sudah bisa dikatakan sudah punya sumber dana untuk disedekahkan untuk kepentingan pribadi maupun kelompok. Oleh karena itu, gimana harusnya kita semua menyikapi persoalan yang satu ini. Apakah terserah mereka mau setor atau tidak? Dan harus sampai kapan? Klo sy pribadi sih terserah aja mereka mau nyetor atau tidak kan pasti PJ ada datanya tuh sapa2 yang nyetor dan berapa banyak uang yang telah disetor. Dan jikalaupun ada yang nggak nyetor sama sekali walo udah punya penghasilan, biarin aja. Kan nggak mungkin kita mau paksa untuk nyetor. Tapi, konsekuensinya pasti klo udah ada acara ngumpul nih yang ngandalin dana abadi stone pasti ybs nggak akan datang kecuali tidak ada malunya atau mmg teman kita yang satu ini belum ada penghasilan (tapi, masa biar uang setor bulanan nggak bisa disetor dalam jangka waktu setahun, hehehe).

Persoalan uang memang persoalan sensitif dan saya cuman saranin program sotta-sotta berhadiah ini untuk kepentingan kelompok atau bukan saya mau dibilang sombong. Tapi, ini pengalaman agar STONE bisa lebih eksis lagi dan bukankan sangat mengasyikkan kalo kita punya acara ngumpul bareng kita nggak dipusingin lagi dengan kumpul-kumpul uang secara mendadak!! Kan enak tuh kita cuman datang bawa diri atau bersama pacar/suami/istri (dobel dong setorannya, hehehe) dan tinggal duduk, makanan dan minuman udah tersedia dan kalo pulang nggak ada acara tagih-menagih lagi. Lagian lebih nyaman toh nyetor kecil-kecil daripada langsung besar. Kan nggak lucu klo kita mau reunian (Insya Allah tahun 2016 kita reunian 1 DEKADE KEBERSAMAAN STONE) langsung ditagih berapa juta satu orang dan kalo udah ada dana abadi kan tinggal bawa keluarga kita (anak/istri/suami). Asyik kan.

Ini cuman saran aja. Saya sangat mengharapkan bantuan, partisipasi, masukan dan kritikan untuk rencana program DAS ini. Dan kalo ini benar-benar kita komitmen untuk menjalankannya maka saya harap dukungan semua anggota STONE mulai dari G31106001 G31106063 untuk partisipasi aktif. Dan semoga ini bukan hanya wacana dan semoga tidak berakhir dengan kalimat NATO (No actions, Talk Only). Info selanjutnya kita bisa diskusikan di STONE CHAT. Ini ceritaku, mana ceritamu?