Tanya Jawab Soal Voucher Pangan Pengganti RASKIN

3494 views

Ingin mengetahui lebih banyak mengenai program voucher pangan pengganti RASKIN? Ya, sayapun sampai saat ini masih mencari-cari penjelasan maupun infomasi tentang voucher pangan yang katanya akan mulai diterapkan untuk tahap awal di 44 Kab/Kota pada tahun 2017. Berikut informasi yang saya dapatkan dari berbagai sumber…

Apa sih Voucher Pangan itu?

Voucher Pangan adalah program bantuan pangan non-tunai yang direncanakan untuk menggantikan program subsidi beras bagi masyarakat berpendapatan rendah atau RASKIN.

Siapa dan dimana saja yang akan menerima Voucher Pangan?

Voucher Pangan akan diberikan kepada Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM) yang sebelumnya telah menerima beras RASKIN. Namun, data penerima RASKIN belum tentu mendapatkan Voucher Pangan karena sampai saat ini masih dilakukan pemutakhiran data jumlah penerima oleh Kemensos, TNP2K dan BPS. Lokasi penerapan voucher pangan untuk tahun 2017 di 44 Kab/Kota seperti Seluruh kota di Provinsi DKI Jakarta, Sukabumi, Cimahi, Makassar dan lainnya.

Baca juga : Regenerasi Petani, Siapa Mau Jadi Petani?

Bagaimana bentuk voucher pangan?

Voucher Pangan berbentuk seperti Kartu ATM atau Kartu Debit. Kalau tidak salah nama kartunya itu Kartu Keluarga Sejahtera yang modelnya seperti kartu ATM yang berfungsi sebagai alat pembayaran di tempat penukaran voucher pangan tersebut. Jadi penerima bantuan tinggal gesek kartu hehe…

Berapa nominal bantuan Voucher Pangan pengganti Raskin?

Setiap penerima bantuan Voucher Pangan pengganti RASKIN akan mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera yang berisi bantuan pangan non tunai sejumlah Rp 110.000 yang akan di deposit tiap bulan. Tapi besaran nominal tersebut tergantung hasil pengesahan APBN 2017.

voucher pangan pengganti raskin

Dimana tempat penukaran Voucher Pangan?

Voucher Pangan bisa ditukar di Warung Elektronik (E-Warung) yang diprakarsai oleh Kemensos bekerjasama dengan Bank. E-Warung ini harus mewakili kebutuhan 500-1000 penduduk. Selain E-Warung belum ada informasi lain mengenai tempat penukaran voucher pangan selain di E-Warung. Info lainnya kalau dalam 1 Kecamatan terdapat 1 E-Warung.

Apa saja yang bisa dibeli pakai Voucher Pangan?

Voucher Pangan dapat ditukar dengan beras dan bahan pokok lainnya seperti telur. Jadi penerima bantuan bisa memilih bahan pangan pokok apa saja beserta kualitas dan kuantitas yang disediakan di E-Warung tersebut. Voucher pangan meminimalisir komplain kualitas dan kuantitas barang karena penerima sendiri yang memilih mau beras medium atau premium.

Kapan voucher pangan bisa ditukar?

Informasi yang didapatkan baru tentang nominal uang yang akan di deposit tiap bulan. Tapi belum tahu awal, pertengahan atau akhir bulan depositnya.

Bagaimana mekanisme penukaran Voucher Pangan?

Dari informasi yang saya dapatkan apabila nominal uang bantuan pangan sudah di deposit maka penerima pergi ke E-Warung yang telah ditetapkan dan melakukan pembelian barang sesuai nominal uang yang diterima. Voucher pangan tidak boleh ditukar dengan pulsa atau rokok. Apabila dalam bulan berjalan penerima belum menukarkan voucher pangan tersebut maka nominal uang tidak akan hangus tapi akan diakumulasi dengan deposit selanjutnya.

Demikian artikel Tanya Jawab Soal Voucher Pangan Pengganti RASKIN ini dibuat dari berbagai sumber dan pemahaman penulis sendiri. Maaf jika masih ada pertanyaan anda yang belum ada jawabannya di artikel ini. Mohon bagikan/share artikel ini ke Facebook atau Twitter Anda jika sekiranya artikel ini bermanfaat buat orang lain. Terima kasih telah membaca artikel ini #salamucok 😀

Tags: #beras raskin 2017 #beras raskin bulog #harga beras raskin per kg #kriteria penerima raskin #peraturan raskin #program raskin 2017 #uji coba voucher pangan #voucher pangan pengganti raskin #voucher raskin