Ini Cara Memicu Semangat Tim Penjualan

348 views

Disini masih ada yang ngerasa “enakan jualan sendiri?”

“Jadi SUPERMAN?”
Gak rempong
Gak ribet
Gak riweh dan
Gak perlu jelasin satu satu

heheheh #Tosshh dulu saya merasa begitu

Padahal enaknya jualan berjama’ah, alias punya tim penjualan itu….
Kita berdoa berjama’ah
Kita kerja berjama’ah
Kita jemput rezeki berjama’ah

Kamu kudu punya tim penjualan untuk menghasilkan sesuatu yang BESAR…
Karena BESAR itu tidak bisa dikerjakan sendiri
Karena BESAR itu banyak tangan terlibat
Karena BESAR itu banyak doa yang dipanjatkan

Bahkan nikmatnya itu kita tersenyum dan menangis berjama’ah, apalagi kalo emak emak paling sering baper juga berjamaah dan suka nangis dipojokan hehe..

tim-penjualan

Untuk membangun tim penjualan yang solid bisa dengan merekrut reseller/agen ataupun teman kita sendiri. Tim penjualan bisa dibagi lagi sesuai produk yang ingin dijual jika memang banyak macam produknya apalagi product knowledge dan reward masing-masing produk berbeda.

Jadi contoh tim penjualannya itu per produk, misalnya ada yang khusus jualan sepatu, buku, hijab dan lainnya disesuaikan dengan kapasitas tim sehingga target penjualan bisa efektif bekerja.

Nah kali ini kita sharing 4 HAL yang biasa dilakukan supaya menggerakan hati dan langkah TIM “menjemput
rezeki berjama’ah”.

  • Niat dan Mindset

Salah Niat bisa kacau. Sampaikan dengan jujur niat dan tujuan kita kenapa bersama sama dalam 1 tim. Biar semua ridho dan kita bisa saling mendoakan dan support. Jika kamu sebagai leader atau kapten dalam tim punya niat dan mindset yang berbeda dengan tim harus disamakan dulu agar tujuan bersama kita bisa capai secara berjamaah.

  • Persiapan Tempur

Anda sebagai KAPTEN di SUPERTEAM ini, siapkan persiapan tempur sebelum ingin berjualan. Apalagi kalau punya special event kudu punya senjata tempurnya. Nah, kamu sebagai kapten dalam tim harus mampu menduplikasikan hingga ke semua tim agar siap tempur bersama kita.

Disini saya biasanya personal touch satu per satu, dari hati kehati, ciyeee.. dan GOAL nya, mereka target berapa, supaya kebutuhan atau KOMISI mereka terpenuhi. terkadang saya harus gali kelebihan dan peluang masing masing tim, supaya bisa mendapatkan strategi yang pas dan mudah mereka lakukan. Pastikan semua TIM paham dan siap tempur bersama kita.

  • BAKAR DAN GENJOT

Lagi lagi Anda sebagai KAPTEN harus bisa memBAKAR semangat mereka untuk GENJOT penjualan sampai titik
promo berakhir. Apalagi kalau ada KONTES/Reward itu juga bisa untuk membakar semangat mereka. Biasanya saya akan sounding beberapa orang yang penjualannya keren, sehingga singa-singa yang ada dalam diri TIM bangun semua. Membuktikan kalau produk ini memang laku.

Kedua saya sarankan TIM untuk jualan di orang orang terdekat dan komunitas mereka terlebih dahulu karena solusi itu dekat, rezeki juga dekat dengan kita.

Nah kalo masih diam saja, saya kembali colekin satu satu kendalanya dimana. KAPTEN harus jemput bola, lebih aktif dengan TIM. Siap ya KAPTEN?

  • Bersyukur dan Apresiasi

Bersyukur dan terus berdoa semoga Allah jodohkan mereka untuk kita. karna TIM tidak ada yang abadi, dan hanya Allah yang bisa membolak balikan hati mereka untuk bersama sama dengan kita.

Apresiasi tim yang penjualannya bagus. Beri Reward dan ucapan, misalnya..
“kamu hebat”
“kamu keren penjualannya”
“wah bisa 1000pcs ni keren mak”

Buat SUPERTEAM kita terpacu dan bersemangat untuk jualan.

Alhamdulillah 4 hal itulah yang biasanya saya KONSISTEN dan ULANG LAGI ULANG TERUS.

Percayalah dengan kerja sendiri saja Allah membukakan pintu rezeki kita dari segala Arah. Apalagi kita bekerja untuk membantu TIM juga menjemput rezeki. Allah akan lebih lebih bukakan pintu rezekiNYA. Aamiin…

Untuk membangun tim penjualan bisa dimulai dengan mengumumkan ke teman-teman di sosmed maupun komunitas kalau kita lagi open reseller. Jika berminat mereka akan hub kita, dan kita akan buat akad dengan mereka. Membangun tim itu ibarat menemukan jodoh. Jadi disaat kita mencari jodoh insyaAllah Allah temukan.

Terus bagaimana sistem pembagian komisi dalam tim penjualan?

Pembagian komisi sesuai akad didepan. Biasanya perhitungan komisi ini, salah satu hal utk MEMBAKAR semangat mereka juga, biasanya dibuat per penjualan. Jadi banyak check point penjualan, sehingga yang baru mulai jualan pun bisa dapat komisi. Yang jelas yang jualan lebih banyak dpt komisi lebih banyak juga.

Pentingnya bangun tim penjualan diawal, kita harus ada pendekatan terlebih dahulu, minimal kenal namanya, tempat tinggalnya, anaknya berapa, rempongnya bagaimana, hehehee…

Nah saat tim penjualan tidak aktif, pasti ada sebab. Pertama Kaptennya melempem tidak? kaptennya berinteraksi tidak digroup? lalu pendekatan personal, mungkin tim nya sedang kena musibah, sakit, atau sudah dibisnis lain. Ingat TIM nya Loyo karna KAPTEN nya Loyo juga..

Sumber artikel dari sharing bisnis oleh Ike Meillina Putri, Top Reseller Billionaire Store Bulan Maret 2017.