Menulis itu Gampang Ala GajahPesing

66 views

Hhmmm, saat ini sy mau share tentang kegiatan yang menurut orang itu gampang2 susah yakni Menulis. Tapi, kali ini sy akan lebih banyak mengutip tulisan dari materi presentasi yang pernah diberikan oleh salah satu admin blogdetik yakni Fayyas Ahmadullah atau si gajahpesing #upzz (sampe saat ini sy masih nggak ngerti knp nama blog dan twitternya tuh gajahpesing?? hehehe). Kebetulan lagi ngacak2 email lama eh ketemu sama materinya om gajahpesing jadi sekalian aja sy sharing supaya lebih banyak yang tau klo sebenarnya menulis itu gampang.

“Siapa sih yang merasa gak bisa nulis?” ayooo coba tunjuk tangan atau merasa aja deh, nggak apa2 juga sih klo ada yg tersinggung, hehehe.Klo ada yang sampai tersinggung maap dehh tapi masa sih nggak bisa pada nulis kan kalian “bisa nulis email kan? bisa update status di fb atau ngetweet? bisa sms/bbman/chat?”

“Menulis itu gampang KALAU kita “jujur, jadi diri sendiri, kalo gak ada bakat lucu, gak usah berusaha melucu *nanti kalah saingan sama yg beneran lucu* Kalo gak ngerti sastra ya gak usah sok nyastra pake bahasa langit *nanti pembaca bingung, sampeyan juga bingung* Kalo gaptek, gak usah sok mau nulis tentang IT *malu* Kalo gak ngerti bola ya jangan menulis tentang bola *Indonesia terlalu banyak komentator daripada pemain*”

Kunci Menulis itu Gampang yakni jujur dan jadi diri sendiri dan menulislah pake perasaan.Klo nggak percaya coba aja sendiri, hehehe. Menurut om gajahpesing tuh “hanya 1 kalimat yakni Gampang, mulailah menulis”.

“bagimu gampang, lalu bagaimana bagi kami yang pemula ini? celetuk seseorang yang ada disana….”

LAKUKAN HAL SEDERHANA :

a. Lupakan bahwa kita tidak dapat menulis.

b. Buang rumus-rumus menulis yang baik.

c. Menulislah untuk diri sendiri dulu.

d. Menulis apa saja, tidak peduli dianggap jelek atau baik, kapan saja kita mau.

e. Berlatih menulis.

f. Rubah KEBIASAAN menjadi KEBISAAN menulis.

g. Perbanyak perbendaharaan dengan membaca.

h. Menulislah di BLOGdetik.

i. Jadilah BLOGGER !

Bdw, kenapa sih point h menulislah di BLOGdetik? Karena menurut om gajahpesing ada 9 Keuntungan nge-BLOG di BLOGdetik, yakni :

1. Terbaca 15 juta orang per hari

2. Servernya lokal

3. Kapasitas 100 MB

4. Tampil di Detikcom dan Blog Pilihan

5. Plugin yang terus ditambah

6. Berkenalan dengan selebritis

7. Program online dan offline berhadiah

8. Layanan admin 24 Jam

9. Theme yang terus bertambah

“Kalau masih merasa gak bisa juga, jangan sedih, semua BISA dipelajari. Yg gak musikal pun bisa belajar main gitar kok.Kadang, saya juga mentok dan merasa gak bisa nerusin calon tulisan yg sudah setengah jadi.Kalau sudah mati gaya kayak gitu, yang saya lakukan biasanya adalah: diem aja, haha.. Sit back, relax, jangan mikir apa-apa. Ada cara yg lumayan sakti, membayangkan kita sedang ngobrol sama temen. Curhat, diskusi, ngomel-ngomel, terserahlah. Nah, TULIS ‘omelan’ itu. Tentu dengan bahasa kita, gaya kita. Gak usah melawak kalau gak lucu? Garing dan malu jika gak ada yang tertawa. Belajar mengamati. Hal-hal remeh temeh di sekitar kita, bisa jadi sumber ide yang kadang tak terduga.”

“Contohnya? Si mbak samping rumah kelihatan sedih, misalnya. Oh, mungkin gajinya belum dibayar. Mungkin anaknya sedang sakit. Tulis tentang itu. Lihat dari sisi perjuangannya sebagai ibu, pekerja, kaum yg mungkin kurang beruntung. Sentuh sisi kemanusiaannya. Malam minggu, jomblo, belum laku, tiba-tiba ada lagu balada di radio yang membuat kamu sedih, TULISKAN perihmu. Intinya, apa pun bisa kita jadikan sumber ide menulis. Apa pun yg kita lihat, kita dengar, kita alami. Terakhir, jangan males. Latihan, latihan, latihan. Nulis, lagi dan lagi. Jangan takut tidak bisa, karena semua BISA bercerita”

“Jika kita banyak membaca bahan bacaan yang bagus, maka diri kita akan terisi dengan bahan yang bagus yang siap dikeluarkan. Nah syarat yang kedua setelah mengisi diri dengan bahan yang bagus adalah mengeluarkan apa yang masuk.”

“Cara mengeluarkannya adalah tentu dengan cara menuliskan kembali. Jika anda rajin memasukkan, maka anda akan bisa mengeluarkannya kembali.Jika anda rajin menulis… maka tulisan anda akan menjadisemakin mengkilat, bersinar dan menarik.Nah jadi, banyak membaca dan banyak menulis, akan menjadikan anda penulis yang baik dengan cepat.”

“Bahasa mempunya kekuatan yang luar biasa. Kata-kata dapat diibaratkan seperti energi yang bersayap, yang mengantar kita ke tempat-tempat yang tinggi dan luas. Kata-kata saling menghubungkan kita sebagai manusia. Kata-kata bisa melukis gambar, yang membuat kita menangis atau tertawa. Kata-kata bisa memperluas kesadaran kita hingga tak ada lagi kata-kata yang bisa melukiskan pengalaman kita.”

Terakhir nih, kata om gajahpesing “Apapun SAYA BISA!! Jika Saya MAU”

Bedewe lagi nih, tulisan diatas tuh lebih banyak saya ambil dari materi presentasi om gajahpesing. So, kalo ada kata “saya” itu lebih banyak berarti “kata om gajahpesing” kan sesuai judul tulisan ini “Menulis itu Gampang Ala Gajahpesing”. Klo saya sih cuman kalimat pemubuka, nambahin sedikit kata2 keterangan dan penutup aja. Ehh, klo gitu saya tutup aja tulisan ini dengan kalimat “Mulailah menulis apa yang kamu MAU tulis karena terkadang ada hal-hal yang nggak bisa kita ungkapkan dengan perkataan jadi MENULIS aja” #salamucok