Ramadhan, Saatnya Insaf Sementara

64 views

Tidak terasa bentar malam kita udah taraweh pertama nih. Sudah bisa dipastikan masjid-masjid yang dekat rumah pasti rame nih dengan kedatangan warga yang pengen melaksanakan sholat sunnah yang hanya dilakukan pada saat bulan ramadhan aja. Bulan ramadhan memang bulan yang penuh berkah karena dengan datangnya bulan suci ini maka kebanyakan masyarakat kembali mengingat ajaran agama Islam.

Mungkin kamu juga termasuk dari sekian banyak orang yang selalu memanfaatkan momen bulan ramadhan untuk kembali ke jalan-Nya. Itu mah udah biasa, tiap bulan ramadhan banyak manusia bumi yang insaf untuk sementara waktu. Kok bisa? Ya, mungkin itulah sebabnya dikatakan bahwa bulan ramadhan menjadi bulan yang paling berkah dibanding bulan lainnya karena banyak orang yang pengen ngumpulin tabungan amalan ibadahnya berhubung Allah SWT mengadakan penawaran menarik tiap bulan ramadhan dengan melipatgandakan amal ibadah tiap umatnya. Siapa sih yang tak tergiur, kecuali sih setan udah ngasih penawaran yang lebih bagus daripada amalan berlipat Allah SWT.

Yups, saatnya insaf sementara di bulan ramadhan. Banyak orang yang berpuasa, ngaji, sholat lima waktu, sedekah pada saat bulan ramadhan aja. Itupun awal-awalnya aja, klo udah mau Idul Fitri masjid biasanya udah kembali ke keadaan semula yang biasanya sepi kalo udah malam hari apalagi subuh padahal kalo bulan ramadhan udah bisa dipastikan bahwa sholat subuh di bulan suci ini lebih banyak yang ngikut daripada bulan lainnya dan pada malam hari masjid juga rame dengan kedatangan orang yang mau melaksanakan sholat taraweh secara berjamaah.

Mungkin moment ramadhan ini menjadikan banyak orang untuk hanya insaf sementara waktu karena orang banyak yang pergi sholat subuh berjamaah karena sebelumnya sudah sahur dan malam harinya banyak yang sholat maghrib berjamaah karena di masjid tiap hari ada takjil gratis yang dibagikan sekalian sholat isya secara berjamaah yang dilanjutkan dengan sholat taraweh. Semua ini hanya karena moment ramadhan kita pada ingat sholat, puasa, ngaji dan sedekah/zakat. Selebihnya di bulan lain banyak yang tak terlalu memperdulikan yang namanya puasa, ngaji, sedekah/zakat dan terlebih lagi sholat lima waktu yang memang wajib dilakukan tiap hari bukan hanya saat ramadhan tiba.

Tapi, masih mending sih bisa insaf sementara waktu daripada kagak insaf sama sekali. Kan masih ada tuh setan yang berkeliaran dan bisa aja berwujud sebagai teman anda yang biasanya menggoda kita untuk buka puasa walau hari masih siang. Semoga aja hal ini tidak terjadi berulang kali pada kita semua, bahwa bulan ramadhan bisa dijadikan moment untuk lebih bisa berada di jalan-Nya dan bisa menjadi awal yang baik untuk berada di jalan-Nya setiap waktu setiap hari. Ini ceritaku, mana ceritamu?

Baca Juga:

Nonaktifkan Hapemu Selama Seminggu. Mau??

Fenomena Jilbab Artis Indonesia