Tips Mengerjakan Skripsi

67 views

Skripsi merupakan suatu kewajiban bagi tiap mahasiswa yang ingin menyelesaikan studi perguruan tinggi jenjang S1. Kalian pasti udah tau kalo skripsi rada-rada mengerikan bagi sebahagian mahasiswa bahkan ada yang rela membayar hanya untuk menggunakan jasa teman atau seseorang untuk mengerjakan skripsi sampai selesai. Skripsi memang agak ribet karena nentukan judulnya aja udah bikin kepala pusing. Belum lagi menyesuaikan kemampuan kita dengan skripsi yang akan dikerjakan. So, ini tips yang mungkin bisa membantu kalian.

.Skripsi jangan baru dipikirkan ketika kita udah masuk semester akhir. Paling lambat sih semester 5-6 kita udah punya bayangan tentang judul skripsi yang akan kita kerjakan.

.Manfaatkan waktu saat kita ikut praktek lapangan. Amati aja masalah ataupun program pemerintah yang lagi diadakan di tempat praktek lapang. Paling bagus sih waktu kita KKN karena kita punya cukup banyak waktu untuk mengamati sesuatu di tempat KKN sehingga bisa kita jadikan bahan buat skripsi.

.Cari informasi melalui teman atau keluarga yang bekerja di kantor pemerintahan mengenai program pemerintah yang telah berlangsung lama untuk mengatasi masalah tertentu. Sapa tau bisa dijadiin bahan skripsi.

.Berkunjung ke perpustakaan kampus atau perpustakaan jurusan untuk mencari sumber informasi atau referensi dari skripsi yang udah dulu ada.

.Dalam pengerjaan skripsi memang rada berat jika hanya dikerjakan sendirian, lebih baik minta bantuan teman atau keluarga untuk membantu. Cuman lebih bagus lagi jika kita ditolong oleh senior yang pastinya lebih tahu dan punya banyak teman yang bisa membantu kamu (sangat disarankan) 😀

Pasti kita hadapi yang namanya saat jenuh atau buntu sesaat dalam mengerjakan skripsi. Oleh karena itu, jika jenuh lebih bagus kita berhenti sejenak dan refresh otak. Tapi, jangan kebablasan refreshingnya jangan sampai skripsi kelupaan. Oia, kalo mau isi draft usulan pembimbing sih sarannya isi dengan dosen yang kamu suka dan judul skripsi kamu disesuaikan dengan bidang yang dikuasai ma dosen tsb karena banyak mahasiswa yang menyesal pada saat dosen pembimbing udah keluar ternyata dosen pembimbing tidak sesuai dengan usulan. Hal ini bisa terjadi karena judul yang kalian masukkan tidak sesuai dengan kompetensi dosen yang kalian usulkan.

Kita harus mengakalinya dengan nulis dulu dosen pembimbing yg disukai trus sesuaikan judul dengan kompetensi mereka karena ke depannya susah ganti dosen pembimbing. Sebab itu, peran pembimbing skripsi sangat penting. Konsultasi rutin dengan dosen pembimbing akan memberikan jalan buat pengerjaan skripsi dan langsung kerjain aja jika dosen pembimbing masih mantul atau masih ada perbaikan. Tapi, kadang juga nggak enak banget klo dapet dosen terbang alias dosen yang selalu keluar dan jarang dikampus. Klo untuk masalah yang satu ini cuman bisa diatasi dengan komunikasi intensif melalui hp ato email baik untuk ngatur jadwal atau konsultasi dgn sang dosen. Semoga tips ini bermanfaat 😀