Agrowisata di Desa Bonto Marannu

94 views

Ngomongin desa wisata nih teringat pengalaman waktu kuliah di Kabupaten Bantaeng Prov. Sulawesi Selatan. Saat itu kami praktek lapangan di Desa Bonto Marannu Kecamatan Ulu Ere. Desa tersebut memang pas banget deh buat dijadikan tempat praktek lapang soalnya desa ini sentra produksi holtikultura dan terdapat Balai Benih Holtikultura milik UPTD Holtikultura Kab. Bantaeng.

Pintu Gerbang Agrowisata di Desa Bonto Marannu Kec. Ulu Ere

Pintu Gerbang Agrowisata di Desa Bonto Marannu Kec. Ulu Ere

Desa Bonto Marannu ini memiliki keindahan alam yang mempesona ditambah lagu udara dingin karena desa ini terletak di dataran tinggi. Desa ini lebih banyak disebut sebagai desa agrowisata karena potensi pertanian yang dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat yang kepala daerahnya memang berasal dari akademisi bidang pertanian. Maka tak heran berhubung kondisi dan suasana alam yang cocok di Desa Bonto Marannu maka seringkali banyak akademisi ataupun mahasiswa yang senang datang praktek lapang di Balai Benih Holkultura soalnya di Balai Benih ini banyak penelitian yang dilakukan di tempat ini misalnya meneliti perkembangan Kentang dengan konsep tanam aeroponik.

Penelitian Kentang Aeroponik di Balai Benih Holtikultura

Penelitian Kentang Aeroponik di Balai Benih Holtikultura

Potensi desa wisata ini selain alam yang indah yakni ada areal kebun strawberry yang letaknya tuh jauh diatas bukit. Jadi sepanjang jalan menuju Bonto Marannu tuh kita disuguhi pemandangan bukit yang telah ditanami seluruhnya dengan wortel. Udara dingin juga menusuk raga secara desa ini terletak di daerah pegunungan dengan ketinggian 1200 mdpl hehehe.

Terakhir kali saya ke sana areal perkebunan strawberry ini belum terlalu luas karena masih dalam pengembangan. Kalau kita datang pas waktu panen tuh bisa langsung petik sendiri nanti pulang baru bayar. Areal Strawberry ini terkenal banget soalnya waktu sy kesana baru pertama tuh ada areal strawberry di Prov. Sulawesi Selatan.

Saat ini terakhir sy dengar dari teman tuh kini ada lagi perkebunan Apel Malang. Letak kebun apel ini tidak jauh dari areal kebun strawberry bahkan malah ada yang bersebelahan. Jadi, nggak perlu lagi nunggu kiriman dari Malang hehehe. Perkebunan Apel ini memang inisiatif pemerintah dengan cara mengundang para petani Apel Malang yang telah pengalaman untuk mengajarkan cara bercocok tanam Apel kepada petani Bonto Marannul. Jadi lebih hemat biaya daripada petani Bonto Marannu yang harus berangkat ke Malang mending petani Apel Malang yang ke Bantaeng.

Apel dan Strawberry hidup berdampingan

Apel dan Strawberry hidup berdampingan

kebun-strawberry

Sumber gambar web pemerintah kab. bantaeng

Di desa ini juga terdapat lapangan yang berada di kaki bukit tepatnya di Dusun Loka yang biasa dijadikan tempat perkemahan bagi pelajar maupun untuk kegiatan pramuka. Nah, di puncak Bukit Loka tuh kalau kita melempar kain/syal akan balik lagi ke kita karena angin kencang yang berputar putar di sekitar puncak saja hehehe. Nah kalau sudah keliling tuh dari areal Kebun Strawberry dan Apel Malang kita bisa lanjutin tuh refreshing di Air Terjun Bissappu.

Potensi desa wisata ini memang masih banyak lagi karena saat ini lagi ada pengembangan tanaman Talas berkualitas ekspor dan juga pengembangan Bunga Krisan. So, kalau ada waktu dan kesempatan harus bisa merasakan lagi nih refreshing di Desa Agrowisata yang terletak di Desa Bonto Marannu Kecamatan Ulu Ere Kabupaten Bantaeng.