Apakah Kamu Tinggal di Kota Mati?

107 views

Sssst, nih pertanyaaan sudah tentu TIDAK ditujukan buat orang-orang yang tinggal di kota besar atau yang lagi menjalani kehidupan di ibukota provinsi. Pertanyaan ini lebih cocok ditujukan buat yang tinggal atau yang lagi bertugas di suatu kabupaten/kota yang biasanya banyak orang menyebutnya sebagai kota mati.

Iyahhhh, inilah yang biasa dikeluhkan pertamakali buat yang biasa pindah tugas atau minimal lagi perjalanan dinas. Biasanya yang disebut kota mati itu indikatornya pastilah keramaian kota dan hingar bingar penduduk. Namun yang lebih penting tuh suasana kota di malam hari karena aktivitas kota bisa dibilang ramai klo pada malamnya banyak yang bisa dilakukan baik itu cuman jalan-jalan maupun sekedar nongkrong di warkop.

Pernah tuh saya lagi praktek lapang di suatu kabupaten/kota. Siang hari tuh masih banyak warga yang hilir mudik. Tapi, pas udah selesai maghrib mulai deh suasana kota mati muncul. Jalanan sepi, lampu penerangan kurang dan kayaknya udah nggak ada hiburan lain di malam hari selain nonton tv. Sampe2 temen tuh ngomong pantesan di kab/kota tertentu pertumbuhan penduduk sangat tinggi dan program KB tidak berjalan lancar akibat aktivitas malam hari lebih banyak di tempat tidur hahahaa.

Yah, kasihankan warga yang tinggal di daerah yang disebut kota mati. Hiburannya kurang banget deh. Bahkan bulan lalu tuh ada kota yang baru ngeresmiin sebuah plaza/mall dan saat grand openingnya tuh byk warga dari daerah yang datang cuman buat ngeliat dan ngerasain yang namanya mall pdhal isinya saat ini cuman ada matahari department store dan hypermart. Parahnya lagi byk org tuh dandanannya menor banget klo mau ke mall kayak mau kondangan saja.

Yah, ginilah mungkin karena pembangunan nggak rata ataukah memang kota mati itu terus-terusan bergelut dengan suasana adem khas kab/kota. Klo saya sih harusnya pemerintahnya lebih kreatif merangsang investor masuk agar kota mati itu bisa hidup kembali sehingga perputaran ekonomi di daerah itu lebih cepat lagi dan tidak semakin ketinggalan dengan kota yang hidup terus 24 jam nonstop.