Fakta Plus Minus Bulan Ramadhan

79 views

Bulan ramadhan memang bulan yang penuh berkah dimana amalan-amalan yang kita lakukan di bulan berkah ini menjadi berlipat ganda pahalanya. Kebiasaan seseorang pada bulan ramadhan tidaklah berbeda jauh dan yang bisa dipastikan sama adalah kebiasaan seseorang akan berubah jika sudah merayakan Idul Fitri, kemungkinan besar aura positif bulan ramadhan mulai terkikis sedikit demi sedikit dan kebiasaan kita kembali seperti bulan-bulan sebelum ramadhan tiba. Beberapa fakta plus minus bulan ramadhan kita bisa dapati dan ini beberapa yang saya temui dan lihat sendiri di daerah saya.

Fakta plus pertama yaitu MASJID akan ramai khususnya pada saat sholat subuh dan sholat isya plus tarawih dan pas mau maghrib orang datang ke masjid untuk berbuka puasa bersama. Orang-orang akan berbondong-bondong datang ke masjid, biasanya muda mudi janjian shalat subuh bareng nihh. Minusnya kebiasaan datang ke tuk meramaikan MASJID hanya terjadi pada awal sampai pertengahan nggak bakalan bisa sebulan penuh coz klo udah akhir ramadhan apalagi mau idul fitri orang pada sibuk persiapan plus sibuk mudik. Parahnya lagi MASJID akan kembali seperti biasa pada saat bulan ramadhan sudah berakhir.

Fakta plus kedua yaitu banyaknya orang dijalanan yang memakai Mukena maupun Sarung plus peci untuk bersama-sama menuju ke masjid. Senangnya tohh liat orang yang bersemangat 45 untuk menunaikan ibadah di masjid. Minusnya yahhh begitulah ini hanya bertahan nggak lebih bahkan nggak cukup sebulan. Padahal klo di desa tuh udah biasa dan senang banget masjid maupun orang-orang yang makai mukena dan sarung plus peci banyak ditemui dijalan walau bukan di bulan ramadhan.

Fakta plus ketiga nih banyak banget yang tadarrusan alias mengaji di waktu senggangnya dan paling banyak saya temui sih klo udah habis sholat dhuhur atau ashar dan juga sebelum berbuka puasa (khususnya nih yg lagi nunggu bukpus di masjid). Minusnya yahh kembali lagi seperti biasa klo udah ramadhan Al Quran kembali menjadi pajangan saja. Yahh, mungkin byk yg berpikir menamatkan Al Quran sekali aja setahun pada saat ramadhan kan pahalanya berlipat-lipat 😀

Dan fakta yang paling sy suka nihh banyak yang memakai busana muslim yang menutupi aurat khususnya wanita nihh. Apalagi artis wihhh seperti syahrini dan ashanty cantik bangettt klo pake jilbab (walo tak bisa dipungkir jg sih mereka ttp cantik klo nda pake jilbab, hehehe). Banyak juga tuhh cewe yang ubah foto profilnya di FB lagi pake Jilbab maupun kerudung. Habis bulan ramadhan yahh gitu dehh kalian tau sendiri kann ceritanya gimana. Apalagi artis nih yang menuntut penampilan adalah yang paling penting. Syukur aja sih mereka ingat tutup aurat walo hanya di bulan ramadhan setidaknya mengurangi kemungkinan puasa cowo makruh atau batal gara kepikiran terus klo pakaiannya msh ttp terbuka.

Mungkin inilah beberapa fakta plus minus yang saya lihat sendiri di daerah saya mungkin teman ada yang berpikiran lain ataukah menemukan fakta yang berbeda monggo di share lahh. Yang jelas nihh bulan ramadhan harusnya dijadikan minimal sebagai momen untuk menjadi lebih baik dan kebiasaan yang baik di bulan ramadhan harusnya diteruskan di bulan-bulan selanjutnya karena kita nggak tau apakah tahun depan kita masih bisa menikmati keberkahan bulan ramadhan atau kita udah dipanggil menghadap Allah SWT.