Sedekah Tak Harus Punya Banyak Duit

66 views

Teringat perkataan dari seseorang yang berucap bahwa kebahagiaan sejati adalah ketika kita bisa membahagiakan orang lain. Nah, salah satu caranya adalah dengan sedekah sebab dengan bersedekah kita bisa berbagi kepada sesama dengan sesuatu yang kita miliki. Sedekah biasanya identik dengan menyisihkan sejumlah harta (uang) yang dimiliki di jalan kebaikan. Apalagi pada saat bulan ramadan biasanya orang rajin bersedekah (hal ini ditunjang oleh menjamurnya peminta-minta di sekitar masjid yang mengharap sedekah).

Lantas, gimana jadinya jika kita ingin mengumpulkan banyak amalan selama bulan ramadan dengan bersedekah tapi tak punya banyak duit? Saya juga jadi berpikir sejenak karena duit juga pas-pasan dan masih terancam tak bisa beli baju baru buat lebaran. Dan ternyata sedekah itu tak melulu bagi-bagi duit dan tak selalu harus mengeluarkan harta tertentu, baik untuk orang miskin maupun orang-orang yang membutuhkan uluran tangan karena sedekah itu maknanya lebih luas daripada infaq atau zakat.

Yupz, sedekah memiliki makna yang luas dan sedekah tak harus jadi orang kaya dulu agar bisa memberikan kelebihan uang kita kepada yang membutuhkan. Orang yang miskin hartapun masih bisa bersedekah (teringat film kun fayakuun yang dibuat oleh Ustad Yusuf Mansur. Film ini bercerita tentang kehidupan seorang tukang kaca yang jauh dari mencukupi, namun tukang kaca itu tidak berputus asa dari rahmat Allah dan ia tetap bersedekah meskipun kekurangan. Yakinkan juga dalam hati bahwa jika kamu merasa miskin, maka tetaplah bersyukur karena pasti masih ada orang yang lebih miskin daripada kamu).

Saya pun yang belum mempunyai kelebihan uang masih tetap berusaha untuk bersedekah. Seperti yang saya yakini dan saya perbuat bahwa sedekah itu tak melulu harus pake duit karena sedekah juga bisa dengan Menyebut Nama Allah SWT yaitu dengan mengucap tasbih, tahlil dan tahmid. Sedekah ini adalah kewajiban kita atas segala kenikmatan yang telah diberikan. Sedekah yang juga bisa dilakukan adalah Berbuat Kebaikan dan Tersenyum. Jika tak punya harta atau sesuatu yang bisa dibagikan dengan orang lain cukuplah dengan senyuman karena caranya sangat gampang. Tersenyum tulus kepada semua orang sehingga menyenangkan hatinya, itupun sudah dihitung sebagai amalan sedekah. Sebuah amalan yang mudah, tapi kadang orang sering lalai untuk tak melakukannya.

Amalan kebaikan yang dilakukan seorang muslim baik di bulan ramadan atau di bulan lainnya juga termasuk sedekah. Seperti konsep sedekah Nabi Muhammad SAW, “Setiap amal yang baik adalah sedekah” bahkan beliau bersabda “Senyumanmu kepada saudaramu adalah sedekah”. Jadi, patutlah kita untuk bersedekah tanpa harus memikirkan punya banyak duit dulu. Apalagi di bulan ramadan, bulan yang penuh berkah dan segala amalan kebaikan kita akan dilipatgandakan pahalanya.

Quotes:

Tiap muslim wajib Bersedekah. Para sahabat bertanya, “Bagaimana kalau dia tidak memiliki sesuatu?” Nabi saw. menjawab, “Bekerja dengan keterampilan tangannya untuk kemanfaatan bagi dirinya lalu Bersedekah.” Mereka bertanya lagi. Bagaimana kalau dia tidak mampu?” Nabi saw. menjawab: “Menolong orang yang memerlukankan yang sedang teraniaya” Mereka bertanya: “Bagaimana kalau dia tidak melakukannya?” Nabi saw. menjawab: “Menyuruh berbuat ma’ruf.” Mereka bertanya: “Bagaimana kalau dia tidak melakukannya?” Nabi saw. menjawab, “Mencegah diri dari berbuat kejahatan itulah sedekah.” (HR. Imam Bukhari dan Imam Muslim)