Awal Bulan = Momen Perubahan

98 views

Waaahhh tak terasa udah masuk bulan November Ceria nih, tak lama lagi akhir tahun dan tahun baru lagi. Waktu terasa cepat sekali bagi yang nikmatin hehehe. Awal bulan seringkali saya manfaatkan buat momen perubahan alias momen pergerakan hidup ke arah yang lebih baik.

Simpelnya sih awal bulan sering saya gunakan sebagai momen untuk memperbaiki atau merubah sesuatu tindakan yang belum bisa dirubah atau diperbaiki pada bulan yang lalu.

Contohnya nih pada bulan yang lalu saya udah punya niat untuk bisa bangun pagi lebih awal atau tepatnya sih bisa bangun subuh karena bangun lebih awal tuh lebih nikmat rasanya (Baca: Nikmatnya Bangun Subuh).

Contoh lainnya tuh bulan lalu udah niat mau belajar tentang perencanaan keuangan pribadi dengan langkah awal mengHABISkan gaji bulanan di jalan yang benar. Cuma dalam prakteknya sering sekali gaji tuh jebol akibat tidak jalannya financial plan yang udah disusun pada awal bulan.

Contoh lainnya tuh mulai awal bulan ini saya nggak akan menelpon/ sms si X lagi supaya bisa move on atau melupakan dirinya yang telah berlalu (ciee elahh bahasanya tuh galau bgt hehe). Tapi, lagi dan lagi dalam prakteknya masih menelpon/sms walau cuma sekedar say hi coz dianya kepikiran terus karena belum bisa ngelupain (nih bukan curcol tapi cuman contoh hihihi).

Nah, dari sedikit contoh tersebut ada yang bisa kita lakukan ada juga yang masih tertunda prosesnya. Diawal bulan inilah istilahnya kita evaluasi apa yang pengen kita rubah pada bulan lalu agar bulan ini bisa kita lakukan dengan baik.

Apapun yang mau kita lakukan dalam hidup ke arah yang lebih baik pasti haruslah dimulai dengan niat dan tidak menunggu waktu atau momen tertentu. Cuma kalau saya sih sering menjadikan awal bulan sebagai momen perubahan.

Masalah yang biasa timbul saat kita lagi berusaha untuk memanfaatkan momen perubahan di awal bulan adalah sulitnya konsisten dari awal bulan hingga akhir bulan. Misalnya nih kita udah konsisten dari awal bulan udah bangun subuh, tapi di pertengahan bulan mulai deh tidak konsisten lagi diakibatkan adanya masalah atau volume kerja yang meningkat. Sehingga kita harus mulai lagi momen perubahan tersebut di awal bulan depan.

Sebenarnya berubah itu nggak sulit sih apalagi kalau kita memang punya niat yang baik merubah hidup kita ke arah yang lebih baik. Dan momen awal bulan november ceria ini bisa dijadikan sebagai momen perubahan bagi diri kita hingga bisa bermanfaat buat orang lain #salamucok 😀