Cara Mengajari Anak Agar Pandai Bersosialisasi

472 views

Orangtua harus tahu cara mengajari anak agar pandai bersosialisasi, karenanya dengan bersosialisasi maka sang anak bisa lebih mudah mengenal hal baru di dunia luar dan akan lebih mudah bergaul dengan orang di sekitarnya. Untuk itu orangtua harus memperhatikan hal-hal yang dapat dilakukan agar anak pandai bersosialisasi, yang diantaranya adalah :

Membawa anak menghadiri majelis orang dewasa. Tidak hanya penting bagi orang dewasa, membawa anak menghadiri majelis orang dewasa sangatlah penting agar anak pandai dalam bersosialisasi. Karenanya dengan membawa sang anak menghadiri majelis orangtua akan tampak kekurangan dan kebutuhan para orangtua dalam mendidik anak. Tentu hal ini juga menjadi motivasi bagi para orangtua untuk lebih meningkatkan usahanya dalam mencapai kesempurnaan. Dan dengan hadirnya anak di majelis, para orangtua dapat mendorong mereka untuk ikut menjawab pertanyaan yang diberikan di majelis tersebut. Kemudian anak akan belajar cara berbicara, dengan demikian pikirannya akan berkembang dan jiwanya pun beradab.

cara-mendidik-anak-agar-pandai

Menyuruh anak untuk suatu keperluan, ini merupakan hal yang dapat dilakukan agar anak pandai dalam bersosialisasi. Seorang anak yang diberi kepercayaan untuk mengerjakan sesuatu tentu akan merasa senang karena dirinya dihargai. Selain itu, rasa percaya dirinya pun akan tumbuh sejak ia masih kecil dan kemudian ia akan dengan mudah berkenalan dengan hal-hal yang semula tidak diketahuinya dan alhasil pada masa mendatang ia sanggup melakukan tugas tersebut karena sudah mempunyai pengalaman sebelumnya semasa kecilnya dan hal ini juga telah dijelaskan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Iman Ahmad dari Anas bin Malik Ra yang berkata

Suatu hari saya membantu Rasulullah SAW sampai pekerjaan itu selesai. Rasulullah SAW tidur sebentar sehingga saya keluar sebentar ke tempat anak-anak yang sedang bermain. Saya mendatangi mereka untuk melihat permainan mereka. Rasulullah SAW datang dan memberi salam kepada anak-anak yang bermain. Rasulullah SAW memanggilku dan mengutusku untuk suatu keperluan. Saya melaksanakan perintahnya. Hadist riwayat Ahmad 13.022

Membiasakan anak untuk mengucapkan salam. Di dalam agama Islam, salam merupakan suatu penghormatan diantara kaum muslimin dalam rangka saling menghargai satu sama lain. Ketika anak bergaul dan bertemu orang lain di lingkungan masyarakat tentu menjadi tuntutan orangtua untuk mengajarkan kata pembuka yang harus mereka ucapkan dengan baik. Dalam hal ini Rasulullah SAW telah mengajarkan cara mengajari anak agar pandai dengan lembut dalam hal mengajarkan sunnah salam kepada anak-anak dan caranya adalah orangtua terlebih dulu memberikan salam kepada mereka sampai mereka terbiasa mendengarnya. Kemudian selanjutnya mereka yang akan memulai terlebih dulu.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Iman Bukhari bahwa Anas bin Malik Ra melewati anak-anak. Dia mengucapkan salam kepada mereka, kemudian dia berkata Nabi Muhammad SAW melakukan hal itu.

Kemudian hal yang dapat dilakukan para orangtua agar anak pandai dalam bersosialisasi adalah bermalam di rumah kerabat yang soleh. Mungkin hal ini belum terbiasa dilakukan pada sang anak yang masih belum bisa jauh dari orangtuanya. Ketika anak keluar dari rumahnya dan menuju rumah sepupu atau paman atau kakeknya yang merupakan keluarga islami maka itu merupakan bentuk latihan bagi sang anak dalam bergaul dengan keluarga yang lain selain anggota keluarga yang biasa di rumah. Berikut di dalam hadist Ibnu Abbas Ra berkata saya bermalam di rumah bibiku Maemunah binti Al Haris istri Nabi Muhammad SAW -Hadist riwayat Al Bukhari 53-. Dalam riwayat tersebut, Ibnu Abbas Ra mengajarkan kepada para anak untuk bersemangat pada saat bermalam di rumah kerabatnya yang soleh serta mengambil banyak faedah dari mereka.

Inilah beberapa cara megajari anak agar pandai dan dapat dilakukan para orang tua agar memiliki anak yang pintar dalam bersosialisasi. Semoga dengan pemaparan ini dapat menambah pengetahuan dalam mendidik anak dan menambah keimanan kita semua terhadap hal baik yang dapat kita lakukan. Amin Ya Rabbal Alamin.

Terima kasih telah membaca artikel yang saya sadur dari program Berita Islami Masa Kini Trans TV, mohon bagikan/share artikel ini di facebook atau twitter Anda jika sekiranya dapat memberi informasi dan manfaat untuk orang lain #salamucok 😀

 

Tags: #beriman trans tv #berita islami masa kini #cara agar anak pandai #cara anak bersosialisasi #cara mendidik anak