Cara Mengurus Sertifikat Hak Milik

153 views

Kali ini gw mau share ttg cara ngurus sertifikat hak milik (SHM) khususnya buat yang lagi kredit rumah lewat Bank BTN dan dikit lagi mau lunas. Langkah pertama tuh pastilah datengin kantor cabang utama bank BTN bagian Pelunasan. Trus jika udah berhadepan dgn petugasnya bilang aja mau lunasin sisa KPR nnt km akan dibritahukan berapa biaya/sisa yg harus dibayarkan. Jika sanggup melunasinya maka km akan diprintkan semacam lembaran sisa penyetoran yg dipercepat dan dibayarkan di bagian teller.

Jika udah lunas maka saatnya ngurus SHM. Klo yg mau ngambil SHM itu yang bersangkutan alias atas nama kamu sendiri prosesnya lebih mudah yakni tinggal bawa KTP dan 2 lbr materai 6000. Jika pemilik KPR atau atas nama debitur itu dah meninggal maka diperlukan beberapa berkas untuk pengambilan sertifikat.

Berkas yg diperlukan yakni :

  1. Copy surat kematian dr kelurahan/rmh skt
  2. Surat keterangan ahli waris
  3. Surat kuasa waris yang dikuatkan oleh lurah dan camat/ dari notaris
  4. Copy kartu keluarga,
  5. Copy KTP ahli waris 2 lbr,
  6. Copy bukti pelunasan kredit
  7. Materai 6000 2 lbr.

Klo beberapa berkas sih agak ribet ngurusya sperti surat keterangan ahli waris dan surat kuasa waris. Pertama tuh kt ngurus dulu surat pernyataan yg menyatakan bhwa nama2 yang tersebut dlm surat pernyataan itu benar2 ahli waris ybs.

Waktu kemaren sy ngurus tuh cepet di kntor klurahan brhubung lurahnya ada dan yg ribet tuh justru di camat. Dan yg bikin ribet tuh ternyata ada biaya adm senilai 500 ribu yg mesti dibayarkan. Malah dulu tanteku bayar 5 juta buat ngurus ahli waris utk buat akte hibah. Katanya sih memang udah ada tarifnya.

Yang lbh parah tuh sbenarnya camat nggak mau ttd surat kuasa waris krn blom prnah ngelakuin pdhal surat kuasa tuh cuman nunjuk atau memberi kuasa kpd slh satu ahli waris utk mengambil sertifikat di Bank BTN. Tp berhubung mngkin udah bayar 500 ribu jd msh di ttd.

Surat kuasa waris juga bisa dibuat di notaris dgn syarat ada surat keterangan ahli waris, copy ktp ahli waris dan data sertifikat yg maw diambil sprti nomor sertifikat, alamat dan luas objek tanah dan copy bukti pelunasan PBB.

Jika berkas yg dibutuhkan untuk pengambilan sertifikat hak milik udah lengkap maka saatnya balik lg ke Bank BTN. Proses di Bank lumayan cepet kok, tinggal serahkan berkasnya nnt dipertemukan dgn notaris. Nah dr notaris dijelaskan klo kita tuh sdh melunasi KPR jd udah dpt dokumen Akta Jual Beli, IMB, dan sertifikat hak guna bangunan (HGB).

Nanti yg tertulis namanya di sertifikat HGB itu semua ahli waris yg tercantum dlm surat keterangan ahli waris. Untuk mengurus balik nama di sertifikat HGB ini dibutuhkan biaya 2 Juta dan waktunya itu paling cepat 2 bulan. Yang perlu diingat dan diperhatikan adalah sertifikat HGB itu ada masa berlakunya dan jika tidak ditingkatkan statusnya menjadi SHM maka akan menjadi tanah negara dan jika kita baru mau ngurus SHM nya kita hrus bayar ganti rugi kepada negara.

Oleh karena itu, lbh baik langsung diurus pas mau balik nama di sertifikat HGB langsung ditingkatkan jadi SHM. Biayanya tuh tambah lg 2 juta plus waktunya nambah 2 bln lg. Jadi keseluruhan tuh biayanya 4 jt plus waktunya min 4 bln udah kelar. Yah ribet dikit. Tp yg jlas urusan sertifikat beres. Ok lah cukup sharenya yehhh. #salamucok