CPNS Generasi Pembeda

108 views

Belum lama ini tepatnya kemarin Hari Minggu 03 November 2013, para calon abdi negara melaksanakan ujian tes tertulis baik melalui jalur umum maupun jalur database honorer. Peserta tes seleksi CPNS ini memang banyak sekali, seperti yang saya baca di koran tuh berdasarkan laporan yang didapat dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) peserta ujian mencapai 1.612.854 orang yang terdiri dari 963.872 orang kelompok pelamar umum dan 648.854 orang tenaga honorer. Wow, memang pelamar menjadi abdi negara selalu dibanjiri peminat padahal kuota yang diterima tak lebih dari 30% dari total pelamar. Tapi tetep namanya juga usaha siapa tau bisa lulus 😀

Mungkin bagi sebagian orang khususnya yang melalui jalur honorer tes kali ini akan menjadi pengharapan terakhir agar bisa lulus menjadi abdi negara alias pegawai negeri sipil dikarenakan tahun depan katanya sudah tidak ada lagi pengangkatan lewat jalur honorer, sedangkan jika para honorer ingin tes tahun depan lewat jalur umum pastilah faktor usia maupun kualifikasi pendidikan mereka akan menjadi hambatan besar. Namun, harapan menjadi abdi negara atau calon pegawai negeri sipil bisa saja terkabul jika mereka mampu melewati semua ujian yang dihadapi khususnya tes tertulis yang baru saja mereka hadapi.

Sebenarnya yang saya pengen tulis kali ini adalah mengenai potensi atau kemampuan generasi yang akan diumumkan tahun ini berhak atau lulus menjadi calon pegawai negari sipil (CPNS). Apakah dengan adanya rekrutan baru ini khususnya yang melalui jalur umum bisa diharapkan menjadi CPNS GENERASI PEMBEDA yang bisa merubah stigma para abdi negara (PNS) khususnya yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat !!

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa banyak penilaian terhadap PNS utamanya yang berhadapan langsung dengan masyarakat itu masih dinilai mengecewakan. Contohnya saja masih ada pelayanan di tingkat kelurahan maupun kecamatan yang masih lambat dan bikin pusing. Parahnya lagi masih ada pungutan liar. Bahkan banyak juga yang menduga praktek KKN sangat mungkin terjadi dalam setiap proses pendaftaran sampai pengumuman kelulusan peserta tes CPNS.

Maka dari itu, yang diharapkan saat ini adalah stigma masyarakat bisa berubah dengan adanya generasi baru yang mampu menjadi abdi negara yang dapat diandalkan hingga citra PNS menjadi baik secara keseluruhan.

Memang semuai ini hanya menjadi harapan saya dan kita semua agar rekrutan baru ini bisa menjadi generasi pembeda untuk mewujudkan pelayanan masyarakat yang kualitasnya mantap. Jadi nggak ada lagi namanya pungutan liar, nggak ada lagi pns yang malas kerja, nggak ada lagi yang bolos dan nggak ada lagi yang berkata kalau jadi pns tuh enak karena kerja nggak kerja gajinya jalan terus alias makan gaji buta. Dan hal-hal negatif tersebut bisa hilang dengan adanya cpns generasi pembeda yang akan diumumkan tahun ini. Amin #salamucok 😀