Hari 2, Wisata Belerang Part 1

69 views

Alarm hape udah bunyi dan bergetar di atas meja, jam menunjukkan pukul 05.15 wib. Tandanya udah telat nih bangunnya, rencana berangkat ke Bandung pasti molor nih. Yah, kali ini sy ditemani dua orang teman yakni si yudha sebagai co driver dan si batak drivernya.

Rencana semalam berangkat 05.30 harus molor jadi pukul 06.45 pagi. Bermodalkan mobil rental kami meluncur ke tanah sunda urang bandung nih. Tujuan pertama kami yakni Kawah Putih. Sejarahnya tempat wisata ini nggak tau juga sih malas nyari tau. Kata si driver sih ada sekitar 300 km nih dari Jakarta ke Kawah putih. Sy sih percaya aja daripada sy disuruh ngukur jalanan hehehe….

Sekitar pukul 09.45 kami baru tiba di pintu tol kopo. Maklum kena macet pas di kawasan jababeka. Dari pintu tol kopo belok kiri deh ke arah jalan raya Soreang Kab. Bandung. Masuk kawasan Ciwidey udah terasa sejuk nih plus tanjak menanjak. Kiri kanan jalan banyak banget warga nanam sayuran, terlebih lagi yang nanam strawberry yg bisa metik sendiri. Sy salut nih disini semua tanah kayaknya nggak ada yang nganggur soalnya halaman rumah aja di jadiin bedengan buat ditanamin bawang 🙂

Sekitar pukul 11 siang akhirnya tiba juga di pintu gerbang kawasan wisata kawah putih. Pas di loket tiket nih kami sempat kaget juga liat tarif masuk ke kawah putih. Total kami bayar masuk tuh 195 ribu rupiah. Rinciannya 150 rb mobil plus 15 rb/org kali 3. Sebenarnya ada alternatif transport tuh naik ke kawasan kawah putih menggunakan kendaraan wisata yang disebut klo nggak salah tuh ontang anting cuma harus bayar 28 ribu tp harus nunggu sampe penumpangnya cukup 12 orang. Berhubung pada saat kami datang orang baru dikit nih jadi diputuskan bayarin aja smua karena kita lagi buru waktu juga.

Naik ke kawah putih tuh sekitar 5 km lebih. Sesampai diatas langsung parkir trus ke spot kawah putihnya. Ternyata diatas nih udah byk orang. Pertama kali liat kawah putih nih lumayan takjub juga sih. Cantik tp mematikan juga nih soalnya byk tanda peringatan gas belerang. Pengunjung di beri peringatan max 15 menit harus naik lagi ke parkiran.

Setelah foto-foto dan bibir mulai kering kembalilah kami ke parkiran. Oia, udah ada jalur evakuasi dan spot pemandangan khusus lansia. Jadi para lansia nggak usah capek nurunin tangga lagi krn udah disediain tempat diatas tuh buat ngelihat sekeliling kawah.

Overall sih kami agak kecewa juga ke kawah putih. Pemandangannya cantik sih tapi cuma sekitar nggak lebih 30 menit disana. Kalau kata si driver sih harga masuk tuh blom kebayar dengan apa yang didapat disana apalagi dilarang berenang di kawahnya. Kalau ada yang renang disana mungkin kluarnya mirip ikan kering yah. Sy nyelup jari tangan aja ogah banget apalagi berenang hahahaha…..

Sekitar 11.30 kami keluar dan balik lagi ke jalur semula. Oia, kami makan siang nih mampir nggak tau nama warungnya yang penting makannya lalapan ayam. Banyakan daunnya kan yang dimakan, apalagi ada daun dan biji2an yang nggak tau namanya drpd mencret mending sy nggak makan hehehe…

Sempat singgah bentar buat sholat jumat trus lanjut lagi nih jalan balik arah lagi menuju pintu tol kopo ke arah pasteur/lembang soalnya mau ke Tangkuban Parahu. Spot wisata ini udah lama banget sy pengen kesini dan baru kesampaian hari ini. Dan butuh usaha lebih mencapai tempat wisata ini.

Baca Juga :

Hari 1, Welcome to Jakarta

Hari 2, Wisata Belerang Part 2

Hari 3, Jogjakarta Borobudur

Hari 4, Kota Batu Malang

Hari 5, Desa Wisata Gubugklakah

Hari 6, Sunrise Mountain dan Kawah BROMO