Kadang Perlu Jadi Egois !!

63 views

Eits, jgn berburuk sangka dahulu ttg makna egois yg mencerminkan sifat manusia yg suka mementingkan diri sendiri. Tapi kadang memang ada waktu atau suatu keadaan yg membuat kita harus bersifat egois. Keadaan yg saya maksud tuh seperti cerita teman yang baru aja ngikutin bina akrab.

Jadi pada saat bina akrab itu kan kita harus berkelompok dan bekerjasama menyelesaikan tugas yg diberikan. Kadang juga ada tugas yg mempunyai jadwal tersendiri dan penanggung jawabnya. Nah, disinilah mulai keegoisan itu kadang diperlukan karena pada saat tugas nyupir alias cuci piring kadang teman kelompok menjengkelkan.

Contohnya nih skrg yg lagi jadwal nyupir tuh sy dan kamu. Kita berdua nih udah lakuin tugas nyupir sesuai jadwal. Besoknya temen tuh si A dan B. Tapi mereka nggak ngelakuin tugas sesuai jadwal dan menumpuk piring kotor di tenda kami. Katanya mereka lagi ada keperluan di tempat lain sehingga nggak sempat nyupir. Jadilah kita lagi yg gantiin.

Sekali dua kali memang nggak apa2 klo keterusan kan bikin susah juga. Maka disepakatilah klo jadwal nyupir ditiadakan dan tiap orang bertanggung jawab atas piring maing2. Ini kan udah nggak sesuai dgn tujuan kelompok yg mewajibkan kita bersama dan kompak selalu atas semua yg kita lakukan.

Klo sy sih mendingan gitu “urus diri sendiri” tapi TIDAK menyusahkan orang lain. Daripada kita berkelompok tapi tidak ada kebersamaan yah pastilah kembali lagi ke ego msg2 yg bs lbh menyusahkan teman. Hhmmm, gmana menurut kalian? Belum lagi tuh klo dikampus/disekolah biasa ada yg dibilangin SOLKAR alias solo karir dan BURENK alias buru rengking. Pastikan pernah dengar istilah ini.

Sama sih klo sy ngeliat orang itu dan sebisa mungkin dari sisi positif gw dukung jg selama orang solkar dan bureng itu nggak menyusahkan teman dan klopun dimintai pertolongan sprti nanya tugas atau minta penjelasan dia masih mau nolong dan membantu kita ngerjain tugas walo tidak secara langsung dengan ngasih jawabannya ke kita. Kan banyak tuh orang yg klo nggak dikasih jawaban langsung pasti marah dan bilang ke kita itu pelit, egois dan nggak mau bantu temen padahal si solkat/bureng itu dah ksih CARA menyelesaikan soalnya.

Yah, menurutku sih gitu kadang memang kita memerlukan sifat egois selama sifat egois itu sendiri tidak menyusahkan orang lain 🙂