Liburan Singkat Tapi Menyenangkan

87 views

Akhirnya baru bisa istrahat setelah jadi tour guide dadakan buat temen yang liburan di Kota Baubau. Yah, selama 3 hari itu sy ngantar temen yg datang dr kendari, raha dan kebetulan ada yg transit dr wakatobi. Dan lucunya sy jd tour guide pdhal sy juga blom terlalu tau seluk beluk tempat wisata di kota ini. Tapi, lumayan sihh dalam 3 hari menemani 3 klompok temen yg liburan.

Sebenanrnya sih liburannya nggak terlalu dinikmatin karena terbatas oleh cuaca yg tidak mendukung (bukan hujan, tapi panas yg menyengat jd klo ke pantai sudah pst gosong saking panasnya, haha) dan juga masalah waktu. Makanya plan wisatanya cuman sehari untuk mengunjungi beberapa tempat yg biasa dijadikan sarana rekreasi bagi penduduk setempat.

Berhubung wktu kemarin tuh cuacanya amat teramat sangat panas, maka kita kluar dari tempat persembunyian udah jam 4 sore. Terpaksa deh plan pertama harusnya ke Pantai Nirwana ditunda dulu. Jadinya kita langsung ke daerah Palagimata. Disitu tuh ada patung Ekor Naga yg satu lokasi dengan Kantor Walikota Baubau yang terletas diatas tebing. Klo sy liat sih ini kantor walikota terluas yg pernah sy datangi dengan pemandangan bebas mengarah langsung ke laut.

palagimata

Ekor Naga Baubau_Palagimata

Habis dari daerah Palagimata, langsung deh kita menuju ke Masjid Quba yang merupakan mejid tertua di Kota Baubau. Mesjid ini tuh katanya klo kt shalat amalannya lbh berlipat ganda. Disekililing masjid ada byk makam/kuburan. Kita cuma singgah bentar disini trus lanjut ke Benteng Keraton Buton. Benteng ini bagian dari Kerajaan Buton dan merupakan Benteng terluas di dunia karena mmg luas banget. Di dalam benteng juga terdapat Masjid Keraton. Pernah sy sholat jumat disini tuh yg adzan ada 4 orang dengan pakaian putih. Setelah dari masjid keraton kita foto2 tuh didekat benteng plus meriam2nya dengan pemandangan bebas juga.

Habis dari Benteng Keraton, kita ke Bukit Wantiro. Di daerah sini tuh enak banget nongkrong sambil liat sunset. Tp sayangnya kemarin tuh udah maghrib baru kita tiba jadinya udah gelap. Disini kt istrahat sambil minum saraba (sejenis wedang jahe) plus gorengannya. Hhmm, sebenarnya dekat wantiro ada Air Jatuh Tirta Rimba, suasananya adem, enak buat berenang juga krn airnya dibendung trus dibuat kolam. Cuman itu lagi nggak sempat dtg krn udah kemalaman.

Nah, habis dari wantiro udah kt rencana malam mingguan di Pantai Kamali. Tapi, berhubung lagi banyak orang dan pastinya nggak bisa foto2 soalnya penerangannya kurang. Cuman lewat aja sih mandangin Kepala Naga. Nah, ekor naganya ada di ketinggian tp kepalanya dibawah dekat pantai. Pertanyaannya, mana badannya?! Hahaaa

pantai-kamali

Habis malam minggu istrahat, trus besok pagi lanjut lagi ke tempat tertunda alias Pantai Nirwana. Langsung deh temen take foto plus berenang berhubung pantainya surut. Pantai ini memang cantik banget karena ada tiga warna air lautnya plus pasir putih. Pokoknya bagus bangettttt. Disini cuman bentar juga karena temen siangnya udah ada yg take off siang ke makassar plus ngejar juga kapal cepat ke kota kendari.

Pantai Nirwana Baubau

pantai kamali

Yahhh, meskipun liburannya boleh dikata nggak terlalu dinikmatin karena rata2 cuman bentar aja tapi yang jelasnya mereka udah pernah lihat dan ngerasain wisata di Kota Baubau. Kan udah bisa cerita plus udah foto2 juga. Satu kalimat aja buat liburan kali ini. Singkat tapi menyenangkan 😀