Pilih Proses atau Hasil?

82 views

Masih ingat nggak dengan Shinta dan Jojo yang mendadak jadi artis karena aksi lucu mereka menyanyikan lagu Keong Racun. Dalam waktu singkat keduanya terkenal dan beberapa kali nongol di tv bahkan sempat jadi bintang iklan.

Jika dibandingkan dengan artis-artis yang lebih dulu terkenal, maka kesuksesan Sinta dan Jojo tuh lebih cepat terkenal tanpa melalui proses yang ribet untuk terkenal. Bandingkan dengan artis-artis jaman dulu yang proses terkenalnya lebih lama dilalui untuk mencapai kesuksesan hingga saat ini.

Kasus lain lagi nih saya dapatkan mengenai proses atau hasil. Dalam suatu perusahaan atau kita sebut saja dalam dunia bisnis pasti keuntungan atau profit perusahaan menjadi target penting. Nah, kadang ada bisnis yang cuma mentingin hasil penjualan meningkat tanpa melalui proses yang benar dan jelas. Kalau saya sih menyebutnya yang penting untung. Hasil akhir menjadi tujuan tanpa harus melalui proses yang berbelit-belit.

Contohnya nih memenangkan suatu tender proyek bagi perusahaan kita tuh suatu keberhasilan dan pasti diapresiasi walau ternyata proses didalamnya tuh ada yang nggak benar soalnya kita menang tender bukan karena perusahaan kita memenuhi persyaratan pemenang tender tapi karena suap menyuap panitia proyek. Kan yang penting hasil, prosesnya belakangan aja urusnya.

Seperti juga di pemerintahan yang menangani tingkat kemiskinan. Targetnya jelas tingkat kemiskinan harus diturunkan. Dan hasilnya jelas kalau tingkat kemiskinan itu berkurang walaupun kadang masih banyak yang memprotes hasil tersebut karena tidak sesuai dengan fakta di lapangan yang masih banyak warga miskin dan kurang mampu. Berarti kan proses pengentasan kemiskinan itu masih perlu diperbaiki karena hasil yang didapatkan belum valid. Tapi kembali lagi yang penting hasilnya bagus.

Sama juga sih kasusnya waktu kuliah dulu. Ada beberapa program kerja yang disepakati harus dilaksanakan dengan sasaran dan target tertentu. Namun seiring waktu berjalan, ada saja program kerja yang asal jalan seadanya yang penting program kerja tersebut berjalan. Hasilnya program kerja tersebut berjalan walau prosesnya singkat dan terkesan buru-buru.

Kadangkala ada hal-hal yang harus kita kerjakan tanpa melalui proses yang ribet. Seperti tagline JK Capres 2009 Lebih Cepat Lebih Baik. Ngapain harus melalui step A-Z jikalau kita bisa langsung ke Z tanpa melalui proses A, B, C dan seterusnya. Jelas Hasil akhir yang selalu dilihat dan prosesnya tergantung yang menjalankan.

Jadi, kamu lebih pilih berPROSES atau berHASIL ?? #salamucok 😀