Wisata Alam Rammang-Rammang (Part 2)

79 views

Selepas dari Gua Telapak Tangan kami menuju ke Gua Sikki yang namanya berasal dari masyarakat setempat yang pertamakali menemukan gua ini. Kali ini kami diantar oleh guide yg berbeda. Jalan menuju gua ini lumayan menguras tenaga karena menyusuri pinggir tebing.

rammang-rammang

Tiba di mulut gua ini sepintas nggak ada yg spesial dari gua ini. Oia, kita harus siap sedia senter karena ternyata kita harus naik ke atas mulut gua untuk melihat keindahan gua ini. Kita harus menaiki tangga kecil yang terbuat dari bambu.

rammang-rammang

Nggak terlalu jauh juga dari mulut gua kita sudah melihat keindahan gua ini yang mirip landscape desa berukuran mini. Kita bisa lihat pemandangan miniatur desa yang menyatu dengan gua.

rammang-rammang

Tak cuma itu disebelah nya juga terdapat celah gua yang kalau kita lihat sepintas akan susah untuk masuk karena celahnya kecil dan kita harus menaiki tangga bambu lagi.

rammang-rammang

Alhamdulillah semua teman bisa masuk ke dalam dan melihat keindahan stalagtit/stalagmit yang berkilau. Untungnya nggak hujan jadi celah gua tidak terlalu basah hanya lembab sj jadinya baju tidak terlalu kotor. Habis dari gua ini kita bersih-bersih di sebuah mata air.

rammang-rammang

Mata air ini letaknya lumayan jauh dan disekitar mata air sudah dibendung dan dipasangi pipa jadi nggak susah lagi buat bersih diri. Di dekat mata air terdapat puncak batu yang ada juga tempat peristirahatan. Di tempat ini kita bisa lihat hamparan sawah yang luas. Tempat ini cocok sekali buat istrahat sejenak di temani angin sepoi2. Pemandangan yang bagus ditempat ini cocok banget buat yang gila foto hahaha……

rammang-rammang

Dari tempat peristirahatan dekat mata air sy sudah lebih dulu menghubungi org yg punya perahu untuk menjemput kami kembali di dermaga kampung berua. Perjalanan balik ke dermaga kami lalui dengan perasaan puas karena sudah menjelajahi kampung wisata alam Rammang2.

rammang-rammang

Harusnya kami masih ada satu spot lagi yakni Telaga Bidadari yang merupakan sebuah kolam yang terletak di luar lokasi Kampung Berua. Berhubung waktu udah mepet jadinya hanya numpang lewat saja.

rammang-rammang

Wisatawan yang lain tampak sudah banyak yg datang dan berpapasan dengan kami melewati jalur pematang sawah dan sewaktu menyusuri sungai kembali ke tempat parkir kendaraan. Alhamdulillah kami juga telah meninggalkan jejak di tempat wisata ini dan semoga kampung wisata Rammang2 ini tetap terjaga dan lestari sepanjang masa. Amin #salamucok 😀