Cantiknya Festival Keraton Nusantara (FKN) VII Baubau

56 views

Hari ini sesuai jadwal akan dilaksanakan qirab pasukan seluruh pasukan kerajaan/kesultanan yang ikut berpartisipasi dalam perayaan festival keraton nusantara yang kali ini diselenggarakan di Kota Baubau Sulawesi Tenggara. Lama menunggu kabar akhirnya pawai pasukan mulai berangkat dari Alun-alun Betoambari menuju tempat tujuan atau venue utama yakni Kotamara. Pawai diawali oleh marchinband dari SMA Negeri 1 Baubau. saat marchinband masih beratraksi kami memutuskan untuk berpindah tempat menuju Alun-alun tempat start para pasukan kerajaan.

Di Alun-alun Betoambari ternyata masih banyak pasukan kerajaan yang baru jalan dan baru dilepas oleh pihak penyelenggara. Kami masih mendapati pasukan dari Kerajaan Wajo, Kerajaan Wuna, Kerajaan Buton, Kerajaan Bombana dan lainnya masih menunggu giliran untuk jalan. Dari beberapa kerajaan ada yang memakai kuda untuk berpawai ada juga yang membawa maskot atau apalah namanya berupa burung rajawali dan pakaian adat masing-masing kerajaan.

kerajaan-wajo-1

Setelah pasukan kerajaan telah dilepas semua kami memutuskan untuk berpindah tempat menuju Kotamara menunggu kerajaan menyelesaikan jalur pawainya yang tergolong jauh karena sebenarnya jarak yang hanya 2,5 km menjadi sekitar 5 km karena jalan yang memutar. Saat kami tiba di Kotamara rombongan marchinband ternyata sudah sampai di tempat tujuan. Mereka langsung beristirahat karena memang bisa ditebak mereka kecapean.

400631508e24ffbc42e23f1e60224bbe_kerajaan-wajo

Rombongan pasukan yang tiba akan disambut oleh regu pramuka yang membagi-bagikan air minum. Dan satu per satu pasukan kerajaan tiba. Ternyata masyarakat setempat telah menunggu kedatangan mereka dan saat yang paling ditunggu pun datang yakni sesi foto-foto bersama pasukan kerajaan dimana beberapa masyarakat mulai dari kaum ibu-ibu dan orangtua, anak muda sampai anak-anaki mengajaka pasukan kerajaan untuk berfoto.

kerajaan

Sayapun tak menyia-nyiakan kesempatan ini dan memang ada seorang cewek dari kerajaan/kesultanan Surakarta yang sedari awal saya perhatikan cantik dan ayu banget. Dan memang banyak orang terutama cowok yang mengajak dia untuk berfoto bersama dan mau tak mau saya juga harus mengabadikan foto saya dengan dia. Walhasil foto didapat tapi sayangnya nggak sempat kenalan. Hahhhh, sampe sekarangpun foto saya bersama dia masih saya lihat karena wahhh cantik banget. Berharap bisa bertemu dia lagi 😀

surakarta-hadiningrat

Cantikkan yang sy temani foto, ceweknya tuhh kerajaan surakarta, klo nda salah hehehe. Soo, yahh alhamdulillah masih bisa mengikuti salah satu even nasional yang diselenggarakan tiap dua tahun sekali dan kebetulan saat saya berada di Kota Baubau. Semoga aja masih bisa mengikuti even nasional dimanapun saya berada. Amin