Persiapan Menyambut Ramadan di Tanah Rantau

155 views

Hhmmm, nggak kerasa udah masuk lagi nih bulan Ramadan. Untungnya BLOGdetik lagi ngadain NgaBLOGburit, baguslah buat jadi killing time sekaligus merangsang buat update blog tiap hari hehehe. Bdw, hari ini nih tema ngaBLOGburit tuh tentang persiapan menyambut bulan ramadan. Bulan yang penuh berkah kali ini masih sy lalui sendirian karena terpisah jarak dengan keluarga tercinta. Jadinya persiapannya yah harus dilakukan secara mandiri walaupun sebenarnya masih ada temen2 yang bisa membantu.

Namanya juga lagi merantau jadinya tuh persiapannya lebih ribet dikit karena sy harus sedikit survei alias nanya2 dulu sama teman yang udah lama di daerah sini. Nah setelah hasil survei kelar alias sesi tanya jawabnya selesai maka persiapan yang sy mau buat tuh lebih mudah. Nih beberapa persiapan sy menyambut bulan ramadhan di tanah rantau…

Pertama tuh sudah pasti yang namanya bulan ramadan selalu berkaitan dengan MAKANAN, baik disaat mau berbuka maupun waktu sahur. Berhubung sy lagi di kampungnya orang nih jadi sy harus nyiapin memang tempat beli makanan dan sy udah diberi tips sm temen klo mau berbuka tuh bagusnya beli takjil dan makan besarnya tuh di dekat pasar aja soalnya pasti ramai dengan beberapa penjual spesialis bulan ramadhan seperti es buah, es pisang ijo, bubur kacang, aneka macam kue dan penjual makanan kelas berat ada semua di pasar itu.

Klo berbuka sih gampang aja karena banyak yang jual makanan. Yang ribet dikit tuh kalau mau sahur soalnya jarang banget penjual makanan yg buka 24 jam di daerah ini. Untuk mengakali ini yah sy siapin deh alat yang namanya rice cooker hehehe. Mau nggak mau yah harus sy manfaatin deh kegunaan rice cooker ini. Jadi, selama ramadhan ini sy udah siap2 nih buat beli makanan sehabis sholat taraweh. Dan untungnya kan masih banyak penjual makanan yang kita bisa belinya cuma lauk pauknya aja.

Jadinya nih yah sehabis sholat taraweh singgah beli lauk pauk terus nyampe di kosan masukin deh ke rice cooker buat diangetin sampe sahur daripada nggak ada persiapan bangun sahur kebingungan deh nyari makanan. So, persiapan menyangkut makanan di bulan ramadhan dah beres.

Nggak kalah pentingnya tuh di bulan ramadhan kita harus mempersiapkan diri untuk lebih fokus beribadah. Yah mumpung bulan ramadan bisalah dijadikan momen untuk memperbaiki ibadah kita. Mulai dari mempersiapkan baju muslim yang mungkin jarang dipakai atau pakainya cuma pas mau sholat jumat aja hehehe kan bagus nih kalau kita pakai baju muslim buat sholat berjamaah di masjid pas taraweh kliatan lebih rapi. Kalo sy sih bawa juga baju muslim cuman lebih banyak dalam koper hehehe

Persiapan yang nggak boleh lupa juga dalam hal IBADAH adalah siapkan diri untuk lebih banyak baca Al Quran. Kan kasian tuh kalo Al Quran cuman jadi pajangan aja di lemari atau di meja belajar kita tapi nggak pernah disentuh apalagi dibaca hehehe

Intinya sih persiapan bulan ramadan ini selain persiapan ngakalin kebutuhan makanan dan ibadah, yang lebih penting tuh persiapan DANA alias duit selama bulan berkah ini. Karena biasanya tuh pengeluaran meledak di bulan ramadan padahal harusnya berkurang tuh kan kita selama puasa nggak makan siang dan ngerokok hehehe. Butuh persiapan duit buat beli makanan berbuka dan sahur dan juga mungkin buat beli baju muslim juga, apalagi kalau di penghujung bulan ramadan butuh persiapan duit lebih banyak buat mudik ke kampung halaman. Masa di bulan ramadhan sendirian terus kan pengen juga ngumpul bersama keluarga pas lebaran hehehe #salamucok 😀