4 Tipe Rumah Tangga Saat Ini, Yang Manakah Anda?

881 views

Setiap pasangan suami istri tentunya menginginkan rumah tangganya selalu dinaungi keberkahan sehingga bisa saling bersama baik di dunia maupun di akhirat.  Sebab ada juga pasangan yang menikah di dunia  namun pada akhirnya harus berpisah di akhirat yang dikarenakan salah satu pasangannya ada yang masuk surga sedangkan yang satunya masuk neraka. Tipe rumah tangga sejatinya memang harus selalu utuh hingga ajal memisahkan pasangan dalam rumah tangga tersebut.

Namun berdasarkan data statistik dari Pengadilan Agama, setiap tahunnya justru ada 10% pasangan suami istri yang bercerai yakni sekitar 300 ribu pasangan. Tingginya angka perceraian dikarenakan pernikahan yang dilakukan tidak didasari dengan ilmu. Padahal Umar bin Khattab pernah berkata pelajarilah ilmunya sebelum kamu memimpin rumah tangga, inilah ibadah nikah yang selalu disepelekan ilmunya.

Mengenai masalah pernikahan ataupun rumah tangga, Allah SWT berfirman yang artinya Dan diantara ayat-ayatnya ialah Ia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri supaya kamu merasa nyaman kepadanya. Dan dijadikannya diantaramu mawaddah dan rahmah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kaum yang berfikir (QS. Ar Ruum Ayat 21).

Ada tiga kata kunci dari ayat tersebut mengenai pernikahan yakni sakinah, mawaddah dan warahmah.  Tiga kata kunci itulah yang nantinya akan menciptakan sebuah rumah tangga surga yang diliputi banyak keberkahan. Untuk menciptakan rumah tangga yang sakinah, mawaddah dan warahmah maka kita harus mempelajari ilmunya terlebih dulu.

Baca juga : Cara Mengajari Anak Agar Pandai Bersosialisasi

Kali ini yang dibahas adalah mengenai sakinah yang artinya tempat tinggal, maknanya yaitu selalu betah berada di tempat tinggal atau rumah. Misalkan suami setiap bepergian mencari nafkah tak sabar untuk segera pulang ke rumah karena ada yang dirindukan baik istri, anak maupun suasana rumah tangganya. Makna lain dari sakinah adalah nyaman dan tenang. Hal ini harus tercermin dari suasana rumah tangga dengan menciptakan kenyamanan dan ketenangan didalamnya. Hal ini sangat penting dalam rumah tangga, sebab tak jarang banyak rumah tangga yang didalamnya terdapat ketidaknyamanan karena ada masalah rumah tangga yang tak kunjung diselesaikan.

tipe rumah tangga

Tahukah Anda bahwa setidaknya ada 4 tipe rumah tangga yang didalamnya terdapat ketidaknyamanan. Ini penting untuk kita ketahui  agar kita mengetahui golongan yang manakah rumah tangga kita, sehingga jika sudah mengetahui kita bisa memperbaikinya. Ini juga merupakan ilmu dalam rumah tangga yang harus kita miliki untuk membuat keluarga nyaman dan tidak bergeser dari kebutuhan akhirat.  Tipe rumah tangga yang dimaksud adalah sebagai berikut :

Pertama yaitu Tipe Terminal. Tipe rumah tangga ini menganggap rumah hanya sekedar menjadi tempat transit saja, tidak ada kehangatan di dalamnya. Obrolan yang ada hanya sekedar basa-basi saja. Biasanya tipe ini bisa terjadi disebabkan karena terlalu sibuknya kedua pasangan.

Kedua yaitu Tipe Kuburan. Tipe rumah tangga ini seperti halnya kuburan, tumah tangga ini suasananya selalu sepi. Tidak ada obrolan yang dibicarakan antara pasangan suami istri di tipe ini. Kalaupun ada, salah satu pihak yang bicara dan pihak lainnya tidak merespon.

Ketiga yaitu Tipe Rumah Sakit. Masing-masing pasangan dalam tipe rumah sakit ini akan merasa dirinya paling berjasa dalam mengurus rumah tangga. Seperti halnya dokter yang selalu merasa berjasa telah menyembuhkan pasiennya. Ketika ada masalah dalam rumah tangganya, maka pasangan ini akan saling mengungkit-ungkit jasanya.

Keempat yaitu Tipe Rumah Tangga Surga. Untuk menciptakan rumah tangga surga maka ketidaknyamanan dalam rumah tangga seperti tipe yang disebutkan tadi harus dibuang jauh-jauh. Sebagai muslim, kita pasti menginginkan tipe rumah tangga surga.

Lalu bagaimana caranya menciptakan tipe rumah tangga surga? Kembali ke pembahasan awal bahwa sakinah begitu penting sebagai awal untuk membentuk rumah tangga surga. Setidaknya untuk menciptakan rumah tangga surga, terlebih dahulu kita harus mengetahui ciri-ciri atau karakter para penduduk surga.

Ciri penduduk surga yang pertama yaitu senang mengucapkan salam, seperti yang difimankan Allah SWT yang artinya masuklah ke dalam surga dengan salam dan aman (QS Al Hijr Ayat 46). Maka dalam rumah tangga pun kita harus senang mengucapkan salam kepada pasangan kita. Kedua, di surga itu aman, tidak ada kekerasan fisik maupun kekerasan psikis. Begitupun dalam rumah tangga harus menciptakan suasana yang aman. Jangan sampai ada kekerasan dalam rumah tangga ketika salah satu pasangan berbuat kesalahan.  Masing-masing pasangan pun harus saling menjaga bahasa sehingga tidak ada pihak yang terlukai. Ketiga, para penduduk surga selalu mengisi aktifitasnya dengan duduk berhadapan dan saling mengobrol  satu sama lain. Inilah yang terpenting untuk dibiasakan dilakukan dalam berumah tangga sehingga bila saling mengobrol dan saling berhadapan atau bertatap muka maka akan tercipta kehangatan dalam rumah tangga.

Itulah ciri penduduk surga yang harus di transformasikan kedalam kehidupan berumah tangga sehingga rumah tangga yang sakinah bisa terealisasikan. Jika sakinah sudah tercipta maka akan semakin dekat dengan yang disebut rumah tangga surga.

Demikian artikel tipe rumah tangga ini dibuat dan disadur dari program Berita Islami Masa Kini Trans TV. Silahkan dibagi/share di Facebook atau di Twitter Anda jika artikel ini bermanfaat bagi orang lain. Terima kasih telah membaca artikel dan berbagi cerita ini #salamucok 😀

Tags: #beriman trans tv #berita islami masa kini #tipe rumah tangga